Juni 17, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Sambal Kemiri, resep dan cerita

Sambal Kemiri, resep dan cerita

Kemiri yang selama ini dikenal sebagai bumbu masak atau bahan minyak rambut, diolah menjadi sambal yang nikmat di Mangalore Barat. Rasanya pedas dan LembutDan tekstur kacang yang halus menciptakan kombinasi yang menghipnotis.

Buahnya hampir bulat dan berwarna kuning dan banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur. Pohonnya sangat tinggi dan memiliki banyak cabang. Saat panen, kacang menggantung di antara dahan. Buah yang dipetik tidak jatuh dari pohonnya, melainkan dipetik menggunakan tiang dengan pisau.

Rombongan Pusaka Rasa Nusantara menyaksikan bibit lilin kecil tumbuh dari pohon tinggi di halaman belakang rumah warga di Desa Ajobagi, Kecamatan Mollo Utara, Kamis (15/6/2023). Selama itu, tim mendokumentasikan resep Nusantara untuk wilayah NTT.

Kompas / Wangi melati

Desa Liang Ntara terletak di Labuan Bajo, sekitar 20 kilometer dari pusat kota. Tempat lilin dan kopi adalah makanan pokok desa. Ada pula Tara Kitchen yang menyajikan aneka masakan Pulau Flores dengan menggunakan lilin.

Di Desa Ajobagi, lilin dikumpulkan dan kemudian dijual ke pengepul. Warga pun memanfaatkannya sebagai racikan bumbu kuliner. Penggunaan kemiri dalam berbagai masakan sepertinya sudah sangat umum. Berbeda dengan Mankara Barat. Di sana, kemiri diolah sebagai bahan utama sambal. Dibandingkan dengan saus lilin merek terkenal, rasa cabai lilin yang dibuat oleh paman di Mangalore Barat sangat kuat.

Seperti yang dilakukan Mama Felicitas Kurniawati (49). Pertama, dia memanggang biji blackcurrant yang pecah dari cangkang kerasnya. Bau yang sedikit terbakar tercium di udara. Selanjutnya kacang yang sudah kecokelatan dan sangat harum itu ditumbuk untuk Mama Serafina Amor (53).

READ  Cara merawat helm Toff simple dan mudah

Tangan Mama Serafina sangat luwes menggiling biji lilin menjadi lesung. Kecepatannya konsisten, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat. Setiap tekanan ulenia-nya sepertinya memiliki ritme. Saat Anda menekan biji minyak di ujung alu batu, Anda akan melihat minyak keluar. Pantas saja sambal yang dibuat mama-mama ini enak sekali.

Kompas / Wangi melati

Ibu-ibu di desa Liang Ndara menggunakan bubuk kuah lilin sebagai kuah celup nasi. Kacang hazelnut disangrai terlebih dahulu hingga berwarna kecokelatan dan harum. Kemudian, bawang merah, bawang putih dan cabai dipanaskan dalam minyak kelapa. Selanjutnya semua bahan ditumbuk menjadi satu.

Campuran kemiri yang ditambahkan sebenarnya melebihi jumlah cabai. Daun bawang berkontribusi pada rasa saus cabai yang lezat. Namun, jangan salah, rasa pedas yang dihasilkan tetap menyolok. Berat dan komposisi bahan-bahan tersebut dicatat secara detail oleh tim Pusaka Rasa Nusantara Yayasan Gastronomi Nusa.