Februari 6, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Orion menyelesaikan manuver kritis di Bulan dan memulai perjalanannya ke Bumi

Orion menyelesaikan manuver kritis di Bulan dan memulai perjalanannya ke Bumi

Memuat…

Pesawat ruang angkasa Orion dari misi Artemis 1 NASA telah menyelesaikan penerbangannya ke Bulan dan memulai perjalanannya kembali ke Bumi. Foto/TV NASA/Ruang

Florida – Pesawat ruang angkasa Orion dari misi Artemis 1 NASA telah menyelesaikan manuver flyover bulan dan memulai perjalanan kembali ke Bumi. Orion menyelesaikan pembakaran mekanis kritis saat melewati Bulan pada Senin, 5 Desember 2022.

Orion, pesawat ruang angkasa tak berawak ini mampu membakar mesin selama 207 detik, misi terlama Artemis 1 saat berada 128 kilometer di atas permukaan bulan. NASA menyiarkan pembakaran langsung di NASA TV, meskipun tidak ada jangkauan antena karena Bulan memblokir sinyal dari Bumi.

“Orion sekarang mengarahkan pandangannya ke rumah,” kata juru bicara NASA Sandra Jones melalui televisi NASA, seperti dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Selasa (6/12/2022). Manuver tersebut menempatkan pesawat ruang angkasa di landasan pendaratan di Samudra Pasifik di lepas pantai California pada 11 Desember.

Baca juga; Pesawat ruang angkasa Orion melakukan manuver kritis di dekat Bulan

Mesin daur ulang dari program Space Shuttle digunakan untuk menyelesaikan kembalinya Orion ke Bumi. Sebuah mesin bernama Orbital Maneuvering System (OMS).

Mesin ini pertama kali digunakan pada pesawat ulang-alik STS 41-G pada Oktober 1984 dan terakhir diterbangkan pada STS-112 pada Oktober 2002. Menurut NASA, mesin OMS akan berjalan dari satu hingga 16 menit.

“Luka bakar hari ini sangat penting untuk memastikan Orion berada di jalur yang aman untuk kembali ke Bumi,” tambah Jones.

Mesin OMS dapat digunakan sesuai kebutuhan, untuk menggerakkan pesawat ruang angkasa atau bahkan untuk mode batal. Artemis 1 telah mengimplementasikan program ini dalam misi pengantar program Artemis.

READ  Bar gambar "es" Pengorbit Mars dari atas halaman; dilihat

Baca juga; Pesawat ruang angkasa Orion siap untuk kembali ke Bumi dari orbit bulan

Artemis 1 adalah pengorbit bulan dalam kapsul Orion dan diluncurkan menggunakan roket Space Launch System (SLS) NASA. Peluncuran misi Artemis 1 berlangsung pada 16 November dan kapsul Orion dijadwalkan ulang pada 11 Desember 2022.

Jika semuanya berjalan lancar, kapsul Orion dan roket SLS akan diluncurkan kembali dengan astronot dalam misi Artemis 2 pada tahun 2024. Misi tersebut merupakan bagian dari upaya untuk mendirikan pangkalan di Bulan pada akhir dekade ini.

(wib)