April 14, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Pelajari kebiasaan mengemudi yang aman untuk menghindari potensi bahaya mengemudi

Pelajari kebiasaan mengemudi yang aman untuk menghindari potensi bahaya mengemudi


Jadenbo.CO.ID, Semarang Seringkali para bikers beresiko berkendara akibat kebiasaan berulang yang dilakukan secara tidak sadar, contohnya biker yang membelok atau mengubah arah tanpa memberikan tanda atau lampu sein sebagai lampu sein. Tentu hal ini menyebabkan pengendara lain di belakangnya salah mengantisipasi yang berbahaya dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Kejadian lain yang sering terjadi adalah kebiasaan berulang-ulang meletakkan satu atau dua jari tangan kanan Anda di tuas rem depan dengan maksud untuk waspada, yang tidak Anda sadari saat melakukannya. Kebiasaan ini bisa berbahaya dalam kondisi tertentu. Dalam beberapa situasi, terutama ketika kendaraan tiba-tiba berhenti di depan kendaraan yang panik, perlu untuk segera menghindarinya dengan menarik pegangan kanan, secara tidak sengaja karena posisi jari di tuas rem, tuas rem juga ditarik, menyebabkan perubahan putaran roda depan yang tiba-tiba, menyebabkan selip bahkan saat permukaan aspal basah.

Untuk mengurangi resiko sebelum mengalami kondisi tersebut, mulailah berkendara dengan jari di pedal gas saat berkendara. Disarankan agar bikers menggunakan rem belakang jika kondisi berkendara membutuhkan pengurangan kecepatan secara bertahap atau sekedar menjaga keseimbangan.

Sedangkan penggunaan rem depan digunakan saat kecepatan kendaraan menurun drastis dalam waktu singkat atau saat pengereman membutuhkan jarak pendek. Mengaplikasikan rem depan tanpa ABS sebaiknya tidak langsung menekan tuas dengan tenaga penuh, harus bertahap. Dengan latihan dan teknik yang tepat dalam mengatur tuas rem depan, pengendara dapat mengoptimalkan rem depan untuk menghasilkan jarak pengereman yang lebih pendek. Pengereman jarak pendek yang aman membutuhkan ruang (jalur lurus), cengkeraman ban (medan tidak licin) dan durasi (tidak tiba-tiba).

READ  Selamat Ulang Tahun Sains Teleskop Luar Angkasa James Webb! Rayakan dengan foto ski spektakuler : Berita Okezone

Oke Desiyanto, instruktur senior Astra Motor Jateng, menjelaskan bahwa mengembangkan kebiasaan berkendara yang aman menjadi otomatis dengan teknik mengemudi yang benar, dedikasi, latihan yang konsisten dan ketekunan.

“Kebiasaan buruk sudah menjadi kebiasaan sejak para bikers mulai belajar berkendara sehingga sulit untuk menghilangkannya. Jangan menyerah, teruslah berusaha dan pelajari cara yang benar mencari kebiasaan berkendara yang aman karena keselamatan adalah hal terpenting saat berkendara,” kata Oke.