April 24, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Pelatih Jepang Eric Tohir ingin sepak bola wanita juga bangkit

Pelatih Jepang Eric Tohir ingin sepak bola wanita juga bangkit

Pelatih Jepang Eric Tohir ingin sepak bola wanita juga bangkit


Ketua Umum PSSI Eric Tohir mengatakan sepak bola wanita Indonesia berada pada laju positif untuk semakin meningkatkan prestasi dan standarnya.

Menurut Eric, dengan banyaknya pesepakbola putri yang bermain di luar negeri dan persaingan sepak bola putri di Asia Tenggara dan Asia yang masih kompetitif, prestasi timnas putri tidak kalah dengan timnas putra. .

Hal itu diungkapkan Erik Tohir saat penandatanganan kesepakatan antara PSSI dengan pelatih putri Indonesia yang berbasis di Jepang, Satoru Mochizuki di Jakarta, Selasa (20/2).

Ditandatangani dengan kontrak dua tahun, Satoru memulai karir sepak bolanya dengan bermain untuk klub divisi 1 Liga Sepak Bola Jepang Urawa Reds dan Kyoto Purple Sanga, serta klub divisi dua Nippon Kokkan.

“Penunjukan ini akan mengangkat derajat sepak bola putri kita dan membuktikan bahwa kita di PSSI tidak hanya fokus pada laki-laki. Kenapa langsung ke timnas? Karena saat ini timnas putri kita punya pemain-pemain yang berkualitas bagus. Banyak yang bermain di liga luar negeri. Jadi momentumnya bagus. Apakah ada, kita perlu memanfaatkannya,” jelas Eric Tohir.

Saat ini, banyak pemain timnas wanita Indonesia yang berkarier di luar negeri. Mereka terdiri dari Helsya Maisyaro, Sheva Imut, Shafira Iga yang memperkuat klub Tier 4 Jepang, FC Ryukyu Ladies. Ada pula Fani Subriando yang bermain untuk klub Divisi Satu Liga Wanita Arab Saudi Al Hamma.

Pelatih Satoru yang terpilih untuk menangani timnas wanita memiliki rekam jejak yang bagus dan mumpuni untuk memajukan sepak bola wanita di tanah air. Saya memilih Jepang karena tradisi sepak bola wanita Jepang sangat kuat. Mereka pernah menjadi juara dunia, dan Sudah sembilan kali lolos ke final.Sejak Piala Dunia Wanita 1991, jelas Eric seraya menambahkan, kehadiran Coach Satoru merupakan bagian dari kerja sama PSSI dengan Japan Football Association (JFA) yang dimulai pada Mei 2023.

READ  Valentino Rossi mengomentari tuduhan penipuan yang dilakukan oleh mantan rivalnya, Oaxacon Sports

Timnas putri Indonesia akhirnya berhasil meraih prestasi lolos ke Piala Asia Wanita 2022. Namun, Safira Iga Buteri gagal melaju ke babak sistem gugur. Meski saat ini PSSI fokus ke timnas putri, Eric mengaku tak melupakan sisi kepelatihan. Untuk mendukung turnamen atau liga sebagai kunci pembangunan, PSSI saat ini tengah menyusun roadmap turnamen putri sejak dini sebelum mencanangkan Liga 1.

“Salah satunya turnamen remaja putri U10 dan U14 akhir bulan ini. Ini awal karena harus dimulai dari usia 9, 12, 14 tahun artinya latihan dari bawah. Klub-klub harus berpartisipasi agar bisa dijadikan sebuah liga, “Turnamen remaja ini bisa menjadi tuan rumah kompetisi dan menampung bakat-bakat sepak bola putri kita,” kata Eric.