April 25, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Para pemain tim U-16 telah menyelesaikan tes gelombang pertama

Para pemain tim U-16 telah menyelesaikan tes gelombang pertama

Para pemain tim U-16 telah menyelesaikan tes gelombang pertama


Sebanyak 32 pemain telah menyelesaikan audisi gelombang pertama untuk masuk skuad U-16 yang dilatih pelatih kepala Noah Ariando pada Rabu (21/2).

“Hari ini gelombang pertama akan dipulangkan sebanyak 32 pemain, selanjutnya gelombang kedua akan didatangkan 32 pemain lagi. Seleksi akan dimulai satu hari setelah berkumpul pertama,” kata Noah.

Pada gelombang pertama, Noah langsung menjalani pemeriksaan fisik dan selalu melakukan permainan intramural. Di hari-hari terakhir, mereka juga melakukan serangkaian kegiatan seperti sesi pengenalan kelas psikologi dan sesi latihan di GBK Arena, gym milik PSSI.

“Untuk memanfaatkan waktu persiapan dan mengamati langsung pemain yang ada, saya dan staf pelatih selalu melakukan tes fisik dan melakukan internal game. Ini juga sebagai cara untuk memudahkan evaluasi pemain karena bisa langsung menunjukkan individualitasnya. keterampilan dan bekerja dengan rekan-rekan lainnya,” jelas Noah.

Noah kembali menjelaskan beberapa kriteria pemain pilihannya.

“Yang pasti kriterianya adalah tinggi badan karena kalau saya ingin bermain di level Asia lagi, tinggi badan itu sangat penting, terutama bagi pemain bertahan, kiper, dan striker. Saya berharap mereka memiliki postur tubuh di atas 175cm,” jelasnya.

Faktor yang melatarbelakangi pencarian pemain berpostur tinggi oleh Noah adalah pengalamannya di Piala Asia 2023, di mana Timnas Indonesia menghadapi tim-tim yang pemainnya berpostur tinggi seperti Irak dan Australia. Hal ini, kata dia, menjadi kendala besar dalam memberikan perlawanan di lapangan.

“Terakhir kemarin di Piala Asia, saat kita melawan Australia, sangat sulit bertemu pemain yang tingginya dua meter. Jadi, tinggi badan adalah salah satu poin penting di sini, tapi saya lihat masih banyak lagi levelnya. Don' Jangan terlalu fokus,” ujarnya.

READ  Klasemen Akhir Liga Inggris 2022-2023: Juara Manchester City, Leicester City, dan Leeds United Tersingkir: Okeson Bola

Diakui Noah, pencarian pemain tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi pelatih timnas U-16 Indonesia. Saat itu ia belum memiliki data pemain seperti Timnas U-20 atau Timnas U-23. Namun keberadaan beberapa turnamen remaja seperti Top Score League, Elite Pro Academy, dan Soradin Cup disebut-sebut akan banyak membantu. “Saya berterima kasih atas dukungan para pelatih di Indonesia yang telah memberikan rekomendasi. Ini data awal kami untuk mencari pemain,” tutupnya.

Proses seleksi skuad U-16 akan terus berlanjut, dengan 32 pemain baru dijadwalkan mengikuti gelombang kedua besok, Kamis (22/2). Seperti gelombang pertama, ujian berlangsung selama tiga hari.