Februari 25, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Pesawat luar angkasa Rusia membuat kawah baru setelah jatuhnya bulan

Pesawat luar angkasa Rusia membuat kawah baru setelah jatuhnya bulan

Washington DC

Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) atau NASA melaporkan penemuan kawah kecil baru di permukaan bulan. Kawah baru tersebut mungkin disebabkan oleh kendaraan luar angkasa Rusia yang gagal mendarat dan menghantam permukaan bulan Sekitar dua minggu lalu.

Sebagaimana dilaporkan AFPPada Sabtu (2/9/2023), penemuan tersebut dilakukan Luna Reconnaissance Orbiter (LRO) dengan membandingkan gambar sebelum dan sesudah perkiraan titik saat pesawat luar angkasa Rusia mencapai permukaan bulan, yang disediakan oleh Badan Antariksa Moskow. Roskosmos.

Luna Reconnaissance Orbiter adalah pesawat ruang angkasa robotik NASA yang saat ini mengorbit Bulan.

Kendaraan luar angkasa Rusia Luna-25 gagal mendarat di bulan dan menghantam permukaan bulan pada 19 Agustus. Kekalahan ini menghancurkan harapan Moskow untuk menghidupkan kembali program bulannya yang telah lama tidak aktif.

Pendaratan di kutub selatan Bulan direncanakan untuk pertama kalinya, sebuah wilayah yang jarang dijelajahi.

Keberhasilan pendaratan di Kutub Selatan Bulan memang diklaim oleh India yang berhasil mendaratkan misi Chandrayaan-3 pada 23 Agustus lalu dan kini tengah menjelajahi Kutub Selatan Bulan dengan kendaraan penjelajah Pragyan miliknya.

LRO yang telah mengorbit Bulan sejak 2009, mengambil gambar terbaru kondisi permukaan Bulan pada Juni 2022, jauh sebelum insiden Luna-25. Gambar tersebut dibandingkan dengan gambar permukaan bulan yang diambil pada titik yang sama pada 24 Agustus tahun ini.

“Karena kawah baru ini dekat dengan perkiraan lokasi tumbukan Luna-25, tim LRO menyimpulkan bahwa itu bukan dampak alami, melainkan dampak ramah dari misi tersebut,” demikian pernyataan NASA.

Gambar yang dirilis NASA ini menunjukkan kawah baru di permukaan bulan (tengah berwarna merah).

Lihat pesan selengkapnya di halaman berikutnya.