Juli 25, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Posisi tuas transmisi mobil matic yang benar saat macet di jalan menanjak

Posisi tuas transmisi mobil matic yang benar saat macet di jalan menanjak

Jakarta, KOMPAS. com – Jalan menanjak dengan lalu lintas padat dapat menjadi medan yang sulit untuk dilalui oleh sebagian orang.

Beberapa kecelakaan tidak terjadi di jalan dengan kondisi geometris miring. Hal ini karena pengendara mobil membutuhkan keahlian khusus, atau setidaknya familiar dengan medan.

Kalau tidak, kegugupan mengendarai mobil di sektor itu tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, perlu mengikuti trik khusus agar pengemudi lebih percaya diri saat menanjak dan saat macet.

Baca selengkapnya: Manfaat mengganti oli transmisi mobil matic secara rutin

KompasOtomotif Tanjakan ekstrem mudah digerus oleh Kijang Innova Diesel

Divisi Lalu Lintas Polres Bogor Kota mengimbau masyarakat yang melintasi jalan menanjak yang macet untuk menggunakan persneling rendah untuk mobil matic.

“Pastikan persneling akselerasi selalu di gigi rendah, 1 atau L pada mobil matic agar torsi selalu terjaga dan aman melibas meski di tanjakan terjal,” kata Lalu Lintas Polres Bogor Kota di Instagram, Senin (16/1). /2023).

Hal yang sama dilaporkan oleh departemen dukungan teknis dealer. Ketua PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi. Saat tanjakan lebih ekstrem, mobil matic perlu menggunakan gigi rendah, ujarnya.

Baca selengkapnya: Benarkah mobil manual lebih kuat di tanjakan daripada mobil matic?\\

Situasi lalu lintas jelang penutupan Jalan Bangkok Pokor, Jawa Barat, Sabtu (31/12/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi lalu lintas jelang penutupan Jalan Bangkok Pokor, Jawa Barat, Sabtu (31/12/2022).

“Posisi D tidak terlalu jadi masalah, tapi kalau butuh tenaga atau torsi lebih, bisa pakai S1 atau L agar transmisi otomatis tetap di gigi 1 dan tidak berpindah ke gigi 2,” kata Didi kepada Kompas. com, Senin (16/1/2023).

READ  Bicara interior Suzuki XL7 Hybrid Alfa, kabinnya lapang

Ia mengatakan cara ini jauh lebih aman karena dibutuhkan torsi yang lebih besar untuk melibas tanjakan mobil saat menanjak.

“Torsi besar pada mobil matic bisa tercipta dengan memindahkan tuas transmisi matic ke S1 atau L,” ujar Didi.

Baca selengkapnya: Jika Anda salah menginjak pedal, mobil matic tersebut akan jatuh ke dalam parit

Antrean panjang kendaraan menuju kawasan wisata Bangkok Kadok, Kabupaten Pokor, Jawa Barat, Sabtu (30/7/2022).Antara/Iulius Satria Vijaya Antrean panjang kendaraan menuju kawasan wisata Bangkok Kadok, Kabupaten Pokor, Jawa Barat, Sabtu (30/7/2022).

Oleh karena itu, saat kondisi jalan berupa tanjakan dengan kemacetan lalu lintas, sebaiknya jangan ragu untuk menggunakan gigi rendah pada mobil matic dengan menggeser tuas transmisi ke posisi S1, 1 atau L. Huruf atau angka ini bergantung pada jenis mobilnya, karena biasanya mobil yang berbeda memiliki kode gigi rendah yang berbeda.


Dapatkan pembaruan Berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link nya https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.