Agustus 17, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Predator bermata tiga menatap lautan, fosil otaknya terawetkan setelah 500 juta tahun

Predator bermata tiga menatap lautan, fosil otaknya terawetkan setelah 500 juta tahun

TorontoStanleygaris hirbex Arthropoda pertama yang diketahui adalah predator bermata tiga yang hidup selama periode Kambrium, sekitar 500 juta tahun yang lalu. Stanleygaris hirbex memiliki dua mata menonjol di sisi kepalanya dan Mata yang besar di tengah-tengah.

Para peneliti di Royal Ontario Museum (ROM) di Toronto, Kanada, baru-baru ini mengumumkan penemuan fosil hewan aneh sebagai bagian dari harta karun yang menakjubkan. Fosil yang baru ditemukan dari makhluk aneh berusia 506 juta tahun itu hampir lengkap, dimulai dengan otak yang diawetkan, sistem saraf, dan mata ketiga.

“Sangat menarik bahwa ketika kita melihat evolusi predator pertama, kita juga melihat evolusi sistem sensorik yang kompleks. Di mana kita melihat mata yang berbeda, mungkin memiliki fungsi yang berbeda untuk organisme ini,” kata Joseph Moisiuk dari University of Toronto di Kanada.

Baca lebih banyak; Setelah hujan lebat, ratusan udang dinosaurus bermata tiga muncul di Arizona

Hewan bermata tiga dengan sirip seperti sayap pernah berenang melalui laut dangkal, menggunakan indra visual superior mereka untuk berburu hewan laut kecil. Stanleygaris hirbex seukuran tangan manusia dan memiliki dua mata yang menonjol dengan ratusan lensa di setiap sisi kepalanya dan mata ketiga yang sangat besar di tengahnya.

“Hidup di antara hewan seukuran jari, mungkin menggunakan sistem visual canggihnya untuk melacak mangsa yang bergerak cepat,” kata Joseph Moisiuk, yang memeriksa ratusan fosil S. hirpex yang terpelihara dengan baik yang digali dari Cambrian Burgess Shale di British Columbia’s Canadian Rockies.

Sekitar 268 spesimen diperiksa, dan sistem visualnya mengandung jaringan lunak termasuk otak, saraf, dan bahan reflektif. Hewan ini memiliki 17 segmen tubuh, dengan dua pasang bilah keras di sepertiga bagian bawah tubuhnya dan cakar berduri yang dapat mengikis mangsa di dalam rahangnya yang bergigi.

READ  Teori baru tentang asal usul kehidupan yang berbeda

“Itu binatang yang sangat ganas. Mata mereka bersinar. Itu terlihat sejak pertama kali kami melihat makhluk bermata tiga itu,” kata Moisiuk.

Baca lebih banyak; Kadal berkepala 2 dan bermata 3 jadi perdebatan netizen

Moisiuk berspekulasi bahwa mata tengah yang besar dikombinasikan dengan dua mata lateral mungkin merupakan ciri umum invertebrata awal sebelum berkembang menjadi dua atau lebih pasang mata pada spesies selanjutnya. Misalnya, Lyrarabax yang berusia 520 juta tahun, yang termasuk dalam kelompok arthropoda awal yang sama yang disebut radiodon, memiliki struktur serupa di dahinya yang mungkin berupa mata.

“Temuan baru ini menambah profil fisik radiodon yang umumnya aneh. Radiodon sering memiliki sepasang mata yang menonjol dari batangnya dan pelengkap berbentuk aneh yang panjang,” kata Moisiuk.

(wib)