Desember 6, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Siapa Johannes Thanak? Ini Nomor Wapres KPK yang Baru

Jakarta

Siapa Johannes Thanak? Pengangkatan terakhir Johannis Thanak sebagai Wakil Presiden KPK resmi dilakukan oleh Johannis Thanak. Johannes dilantik pada Jumat (28/10/2022).

Berikut informasi lengkap Wakil Presiden KPK Johannes Thanak.

Johannis Thanak adalah Wakil Presiden KPK yang baru. Sebelumnya, Johannes Beyer digadang-gadang sebagai calon ketua KPK menggantikan Lili Pindouli.

Johannis Thanak memiliki latar belakang sebagai pengacara. Dia memegang posisi penting lainnya:

  • Direktur Eksekutif Negara Kejaksaan Agung
  • Ketua Pengadilan Tinggi Jambi.

Johannis Thanak belajar di dua universitas. Johannis adalah alumni dari:

  • Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin
  • Universitas Hukum Erlanga (Gelar Doktor).
Siapa Johannes Thanak? Demikian halnya saat Johannis Thanak dilantik sebagai wakil presiden baru KPK di Istana Negara, Jumat (28/10/2022). (Foto: Kanavino/detikcom)

Tahun 2019, KPK tidak bisa menjadi pemimpin

Pada 2019, Johannes Thanak mengikuti seleksi calon pimpinan KPK. Namun, dia tidak lolos karena mendapat nol suara di DPR.

Belakangan, nama Johannes Tanak diusulkan oleh Presiden Jokowi sebagai calon pimpinan KPK menggantikan Lili Bindouli. Johannes Tanak I bersaing dengan Neoman Vara.

Kisah Pengalaman Johannes Sebelum Menjadi Wakil Presiden KPK

Usai dicalonkan sebagai Ketua KPK, Johannes Thanak menjalani fit and proper test di DPR. Ia menyoroti pentingnya pencegahan dalam upaya pemberantasan korupsi.

“Dan menurut saya juga perlu pemberantasan korupsi, tapi menurut saya yang diutamakan adalah pencegahan, bukan tindakan. Lakukan tindakan sampai terjadi sesuatu,” kata Johannis, Jumat (28/10/2022).

Johannes juga berbagi pengalamannya sebagai pengacara.

“Waktu saya jadi Kajati Sulteng dan Ka Kejaksaan Tinggi Jambi pasti saya ke pemerintah daerah. Saya minta semua Kabag hadir. Saya sosialisasikan. Pemberantasan korupsi. korupsi,” kata Johannes.

Johannis Thanak dilantik sebagai Wakil Presiden KPK

Siapa Johannes Thanak? Johannis Thanak ditunjuk sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pelantikan Johannes Tanak digelar di Istana Negara Jakarta Pusat dan disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (28/10/2022).

Johannes Tanak membacakan sumpah jabatan di hadapan Presiden Joko Widodo.

“Saya berjanji bahwa saya akan selalu menolak atau menerima campur tangan dari siapa pun atau menderita gangguan dari siapa pun, dan akan bertekad untuk melaksanakan tugas dan wewenang saya yang diperintahkan oleh undang-undang kepada saya. Semoga Tuhan membantu saya,” demikian bunyi ikrar yang dibacakan oleh John. .

Sejumlah besar pejabat menghadiri upacara pelantikan Johannes Thanak sebagai Wakil Presiden KPK. Mereka antara lain Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Listio Sigit Prabowo, Jaksa Agung St Burhanuddin, Ketua KPK Firli Bahuri dan pimpinan KPK lainnya serta Dewan Pengawas KPK.

TONTON VIDEO: Momen Presiden Jokowi melantik Johannes Thanak sebagai Wakil Presiden KPK

[Gambas:Video 20detik]

(kny/imk)

READ  Hasil Semifinal Malaysia Open 2022: Dikalahkan Viktor Axelsen, Jonathan Christie Harus Relakan Tiket Final: Ocean Sports