Mei 25, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Skor Benchmark Chip Apple A17 Pro di iPhone 15 Pro Max Kehilangan Halaman Ponsel Android Ini

Skor Benchmark Chip Apple A17 Pro di iPhone 15 Pro Max Kehilangan Halaman Ponsel Android Ini

KOMPAS.com – Seri iPhone 15 yang diluncurkan 12 September lalu membawa banyak penyempurnaan. Misalnya, model iPhone 15 Pro dan Pro Max kini ditenagai chip terbaru apelItu adalah A17 Pro.

Tak lama setelah dirilis, skornya Kriteria iPhone 15 Pro Maks muncul di database Andudu. Berkat chip A17 Pro, iPhone 15 Pro Max dengan kode “iPhone 16.2” di database internal Antutu berhasil mencetak gol. Kriteria 1.641.883 poin.

Skor tersebut lebih tinggi 11 persen dibandingkan pendahulunya, iPhone 14 Pro Max yang mencetak 1.474.011 poin. Meski tergolong tinggi dibandingkan pendahulunya, skor Antutu iPhone 15 Pro Max masih lebih rendah dari keduanya. Terampil Android.

Andudu Skor Antutu iPhone 15 Pro Max

Ponsel Android yang dimaksud adalah OnePlus Ace 2 Pro. digunakan Kriteria Begitu pula dengan OnePlus Ace 2 Pro yang mencetak 1.648.735 poin. Jumlah ini dilaporkan sedikit lebih tinggi dibandingkan iPhone 15 Pro Max KompasTekno dari ciumanKamis (21/9/2023).

Baca Juga: Skor Benchmark Terungkap untuk Chip Apple A17 Pro di iPhone 15 Pro/Max

Skor OnePlus Ace 2 Pro menjadi yang tertinggi di antara model ponsel lainnya, setidaknya hingga September ini. Ponsel yang diluncurkan Agustus lalu ini dibekali RAM 24 GB dan mengandalkan chip Snapdragon 8 Gen 2.

Skor Kriteria Faktanya, ini tidak bisa menjadi ukuran mutlak kinerja perangkat. Pengalaman pengguna langsung juga bervariasi.

Ingin tahu skornya Kriteria Tidak bisa dibandingkan secara langsung dengan yang di atas. LSecara resmi aman, Andudu menyebut skor itu Kriteria Tidak ada perbandingan berdampingan antara perangkat iOS dan Android.

Alasannya adalah mekanisme evaluasi Kriteria Antutu untuk perangkat iOS dan Android benar-benar berbeda. iOS dan Android memiliki kernel dan bahasa pengembangan yang berbeda.

READ  Sedang Tak Ingin Diganggu? Ini Cara Agar WhatsApp Terlihat Offline Padahal Masih Online

Selain itu, iOS dan Android menggunakan API berbeda untuk menjalankan pengujian GPU. iOS menggunakan Metal API Apple, sedangkan Android menggunakan OpenGL ES dan Vulkan API. Meskipun skenario pengujiannya sama untuk kedua platform, namun mekanismenya MenyediakanIni berbeda.

Baca Juga: Apple A17 Pro Diluncurkan, Chip Ponsel 3 Nm Pertama yang Digunakan di iPhone 15 Pro/Max

Penggunaan pertama Apple A17 Pro

Skor yang diraih iPhone 15 Pro Max tak lepas dari andil System on Chip (SoC) yakni A17 Pro. Chip tersebut pertama kali diperkenalkan oleh Apple sekitar waktu yang sama dengan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Apple A17 Pro didesain dengan fabrikasi 3 nanometer (nm), lebih kecil dibandingkan pendahulunya A16 Bionic yang fabrikasi 4 nm. Apple A17 Pro juga disebut-sebut akan menjadi chip ponsel pertama di dunia dengan teknologi fabrikasi 3 nm.

Perlu diketahui, semakin kecil angka fiktifnya maka semakin canggih chip tersebut karena mampu menampung lebih banyak transistor.

Chip tersebut dikembangkan Apple bekerja sama dengan produsen semikonduktor Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC).

Dalam hal penamaan, Apple menggunakan pendekatan berbeda untuk chip seluler generasi terbarunya. Alih-alih menyebut chipnya “Apple A17 Bionic”, perusahaan kini mengubah istilah Bionic menjadi “Pro”.

Penamaan chip baru ini sepertinya terinspirasi dari chipset seri M yang digunakan untuk menunjang kinerja MacBook, iMac, dan lini komputer/tablet Apple lainnya. Sebagai referensi, chipset MacBook atau Mac diberi nama Apple M1, M2, M2 Pro, M2 Max.

Spesifikasi Apple A17 Pro

Dengan sedikit fiksi, Apple A17 Pro mampu menyimpan sekitar tiga miliar transistor lebih banyak dibandingkan Apple A16 di iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Akumulasinya, Apple A17 Pro setidaknya mampu menyimpan 19 miliar transistor.

READ  Teddy Lina Terus Bahas Warisan Jubaida, Sekolah Memperkuat Mood Anaknya: Santai

Di atas kertas, Apple A17 Pro memiliki enam inti CPU (prosesor). Di antara delapan core tersebut, terdapat dua core CPU yang kinerjanya meningkat 10 persen lebih cepat. Sedangkan enam inti lainnya berfungsi untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi daya perangkat.

“Di iPhone 15 Pro, kami membangun chip Apple generasi terbaru, yang merupakan langkah maju yang besar dengan perubahan di seluruh chip, termasuk inovasi pada GPU (pemrosesan grafis),” kata Sripalan Santhanam dari VP Silicon Engineering Group. Acara peluncuran.

Baca Juga: Spesifikasi iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, Ini 5 Perbedaannya

Chip tersebut memiliki prosesor grafis (GPU) bernama “Pro Class”. Prosesor grafisnya dikatakan bekerja 20 persen lebih cepat. GPU tersebut juga mendukung fitur kualitas pencahayaan di game nyata penelusuran sinar (dipercepat perangkat keras).

Hasilnya, pengguna akan menikmati grafis yang halus dan visual yang jernih saat bermain game. Mesin saraf yang tertanam dalam chip tersebut dikatakan bekerja dua kali lebih cepat dan mampu melakukan 35 triliun operasi dalam satu detik.

“Neural Engine menggunakan pembelajaran mesin di perangkat tanpa mengirimkan data pribadi ke cloud, mendukung pengalaman mengetik yang lebih akurat dengan koreksi otomatis, dan menciptakan suara yang dipersonalisasi untuk menghindari risiko kehilangan kemampuan berbicara,” tambah Santhanam.

Selain itu, Apple A17 Pro juga memiliki decoder AV1. Fitur yang dapat menunjang video berkualitas tinggi di perangkat. Meningkatkan Ini juga meningkatkan kemampuan AI (Kecerdasan buatan/Kecerdasan Buatan) di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.


Dapatkan pembaruan Berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Update Berita Kompas.com” dengan klik linknya https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

READ  Daftar HP Oppo yang sudah mendapatkan Android 13 Beta 2 dan cara memperbaruinya