Mei 29, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Selasa

‘Tanda Cakar Raksasa’ ditemukan di permukaan Mars

Jakarta

Selasa Simpan banyak misteri menarik untuk dipecahkan. Berkat perkembangan robot penjelajah kita bisa melihat banyak hal di planet merah ini.

Dalam rilis terbaru dari Mars Express Orbiter Badan Antariksa Eropa, fitur geografis unik ESA dan Mars ditampilkan dengan detail yang menakjubkan.

Dikutip Peringatan ilmiah, Gambar terbaru Mars menunjukkan fitur seperti bekas paku raksasa di permukaan planet. Kawah tersebut merupakan bagian dari sistem patahan yang lebih besar di Mars yang disebut Fos Dandelion.

Selain detail dalam gambar, skala yang saya tahu benar-benar menakjubkan. Parit itu memiliki kedalaman 350 meter dan lebar 10 kilometer dan memanjang hingga 1.000 kilometer.

Gambar adalah warna sejati, artinya mencerminkan apa yang dilihat manusia dengan mata kepala sendiri.

Secara teknis, ini adalah gambar yang dibuat dari model lanskap digital Mars dan menggunakan saluran warna kamera stereo resolusi tinggi di Mars Express. Namun film ini memberikan pemandangan yang sangat jelas dari area yang luas.

Gambar di atas menunjukkan pemandangan yang miring, sedangkan gambar di bawah ini adalah pemandangan Dandelus Fossa dari atas ke bawah.

Foto: ESA

Menurut siaran pers ESA, resolusi tanah dari gambar-gambar ini kira-kira 18 meter / piksel dan gambar-gambar tersebut dipusatkan pada kira-kira 43 N / 257 E. Utara adalah ke kanan.

Fossa adalah tempat tidur atau dataran rendah, dan fossa dandelion mengalir ke timur dari gunung berapi Mars yang relatif datar dan luas yang dikenal sebagai Alpha Mons.

Dalam hal luas permukaan, Alpha Mons adalah gunung berapi terbesar Selasa, Yang aliran vulkaniknya setidaknya 1.350 km. Namun pada titik tertingginya, ketinggiannya hanya 6,8 kilometer.

READ  Tidak Sembarangan, Landasan Peluncuran Rocket Ada di Florida America Sericat Alasan Ini

Fossa ini terbentuk ketika permukaan planet Alpha Mons terangkat dan area di sekitarnya membengkok dan pecah.

SelasaFoto: ESA

“Kutu Tantalus Fossae adalah contoh sempurna dari fitur permukaan yang disebut graphene. Setiap parit terbentuk ketika dua patahan paralel terbuka, menyebabkan batu jatuh ke dalam lubang di antara keduanya,” rilis menjelaskan.

Fitur serupa ditemukan di bagian barat Alpha Mons, juga dikenal sebagai Alpha Fossa. Gambar-gambar ini tidak hanya indah untuk dilihat, tetapi juga membantu untuk lebih memahami bagaimana permukaan Mars terbentuk.

Semua struktur ini tidak terbentuk pada saat yang sama, tetapi terbentuk satu demi satu, sehingga menghasilkan beberapa alur yang melewati satu sama lain.

Misalnya, kawah yang Anda lihat pada gambar memiliki graphene yang melintasinya, menunjukkan bahwa kawah itu asli. Dalam dua gambar pertama, Anda dapat melihat parit kecil di sebelah kiri, yang berada di atas tangki dan mungkin lebih muda.

Selasa Express telah mengorbit Mars selama lebih dari 18 tahun. Para ilmuwan berharap untuk melihat lebih banyak lagi pemandangan unik dari planet tetangga kita.

[Gambas:Youtube]


(rns / rns)