April 24, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Timeline mobil listrik Hyundai Ioniq 5 diretas pencuri dalam 20 detik

Timeline mobil listrik Hyundai Ioniq 5 diretas pencuri dalam 20 detik



Jakarta

Baru-baru ini, seorang pria bernama Steve Jessop kehilangan mobil listriknya di London Barat, Inggris Hyundai Ioniq5. Bahkan, berdasarkan rekaman CCTV, kendaraan tersebut berhasil dibobol pencuri dalam hitungan detik.

Steve mengaku tidak mengetahui kapan pelaku mencoba mencuri mobilnya. Karena prosesnya cepat dan senyap. Ia baru mengetahuinya setelah melihat rekaman CCTV tetangganya.

Lantas, bagaimana kronologi pencurian Hyundai Ioniq 5 yang disinyalir hanya berlangsung 20 detik? Benarkah pencuri menggunakan 'trik rahasia' pada sistem keamanan mobil yang dianggap inovatif?

Periklanan

Gulir untuk melanjutkan konten

Garis waktu pencurian Hyundai Ioniq 5

Menurut laporan The Guardian, pada Rabu (28/2), Steve awalnya memarkir Hyundai Ioniq 5 di pinggir jalan dekat rumah. Kemudian sesosok misterius berkerudung muncul dan menghampiri mobil tersebut. Tak butuh waktu lama, sosok itu masuk ke dalam kendaraan dan membawanya pergi.

Pencurian Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Foto: Dok. Wali.

Sadar mobilnya hilang, Steve meminta rekaman CCTV kepada tetangganya yang tinggal di seberang rumahnya. Ia terkejut karena pencuri hanya membutuhkan waktu 20 detik untuk membobol kendaraannya.

“Luar biasa. Saya melihatnya dan berpikir: Bagaimana itu bisa terjadi? Saya pikir pada awalnya, dengan semua teknologi, tidak mungkin mencuri mobil ini,” kata Steve setelah mengetahui mobilnya telah diambil dalam hitungan detik.

Saat kejadian, mobilnya berada di rumah terpencil. Selain itu, Steve memastikan tidak ada tanda-tanda ada orang yang membobol rumahnya. Oleh karena itu, bisa dipastikan pelaku memecahkannya dengan alat khusus.

Di sisi lain, muncul dugaan penggunaan alat canggih berupa perangkat game untuk membobol sistem keyless kendaraan. Alat-alat ini dijual gratis di Internet dan biasa digunakan oleh penjahat untuk membobol mobil modern.

READ  Lewatlah sudah sukses, dan sedan bukan lagi pilihan armada taksi

Perangkat yang disebut 'emulator' ini membuka pintu kendaraan dan menyalakan mesin seperti kunci sungguhan. Emulator mencegat sinyal dari mobil, memindai keberadaan kunci asli dan mengirimkan ulang sinyal untuk mengakses kendaraan.

Steve melaporkan kasus tersebut ke polisi setempat untuk menyelidiki kasus tersebut. Dia melaporkan pencurian tersebut pada malam 8 Februari 2024. Namun, keesokan harinya, dia menerima email yang menyatakan bahwa kasus tersebut resmi ditutup.

Tonton videonya”Hyundai Ioniq 7 Concept tampil futuristik dengan bagasi terbuka
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/kering)