Juni 22, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Tol Chijago rampung, total panjang sisi keseluruhan 14,64 km

Tol Chijago rampung, total panjang sisi keseluruhan 14,64 km

Jakarta, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah menyelesaikan seluruh ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Chijago) 14,64 km.

Jalan Tol Chijago Bagian dari jaringan jalan tol dalam kota dan lingkar luar (Jalan Lingkar Luar Jakarta/JORR) 2.

Dengan adanya ruas tol ini diharapkan dapat semakin meningkatkan konektivitas antar wilayah dan pengembangan perekonomian di kawasan Japotepec, khususnya mengurangi kemacetan lalu lintas di Kota Tepok.

Baca Juga: Cara Menuju Bandara Soekarno-Hatta dengan Hyundai Palisade

Galangan kapal. Kementerian PUPR Jalan Tol Chijago terkoneksi penuh sepanjang 14,64 km

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan jaringan infrastruktur tol akan meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas sehingga perjalanan lancar, aman, terjamin, dan nyaman.

Dalam keterangan resmi, Sabtu (18/11/2023), Basuki mengatakan, “Perbaikan akses jalan akan menunjang perekonomian masyarakat sekitar.”

Pembangunan Jalan Tol Chijago telah dilakukan Kementerian PUPR BUJT bersama PT Translinker Kita Jaya secara bertahap di 3 segmen.

Baca Juga: Anda Bisa Naik Garuda Indonesia Ke Bandara Menggunakan Hyundai Palisade

Mulai Seksi 1 (Zakoravi–Raya Pokor) sepanjang 3,70 km (termasuk Persimpangan Simangis) telah beroperasi sejak 2012.

Nantinya, Seksi 2 (Raya Pokor-Gukusan) sepanjang 5,50 km telah beroperasi sejak November 2019, dan Seksi 3 dibagi menjadi dua seksi.

Pertama, Seksi 3A (Gukusan-Krugut Junction) sepanjang 3,50 km yang akan beroperasi pada akhir tahun 2022, dan kedua Seksi 3B (Krugut-Limo ​​​​Junction) sepanjang 2,19 km.

Baca Juga: Diskon Chery Tico Capai Rp 50 Juta di Akhir Tahun

Proyek Pembangunan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3A Kukusan-Krukut, Sabtu (10/12/2022).  Ruas tol tersebut akan beroperasi jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) mendatang.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Proyek Pembangunan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3A Kukusan-Krukut, Sabtu (10/12/2022). Ruas tol tersebut akan beroperasi jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) mendatang.

Dengan selesainya pembangunan Tol Sijako Seksi 3B, maka seluruh ruas Tol Sinire-Zakoravi telah tersambung.

READ  Java-Bali pipakeem non-tightening micro yang berlaku di 43 wilayah, daftarnya di sini

Hal ini dapat melengkapi infrastruktur jaringan jalan yang ada di kawasan Japotedabeg dengan eksisting jaringan jalan tol Dalam Kota dan Lingkar Luar (JORR-I) dan JORR-2 yang terkoneksi dengan beberapa ruas tol.

Sekadar informasi, Tol Sijako menghubungkan Tol Jakarta-Pokor-Siawi (Jakoravi) yang bersilangan di Simpang Simangis dan Tol Simangis-Sipitung di sisi timur.

Baca Juga: Alasan Tidak Menggunakan Bus Tingkat PO Primajasa

Gerbang Tol Limo Utama di Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B.Galangan kapal. Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Gerbang Tol Limo Utama di Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B.

Kemudian di sebelah barat terhubung dengan Tol Cinere-Jagorawi di Blok M atau pertigaan Sawangan (Tol Depok-Antasari) di Krukut dan Tol Cinere-Serpong Tol Serpong-Kunciran terhubung dengan Bandara Soekarno Hatta. Jalan Tol Gunchiran-Bandara Soekarno Hatta.

Selain mengurangi waktu tempuh berkendara, kehadiran Tol Chijago juga menjadi solusi untuk mengurangi kemacetan lalu lintas.

Khususnya dari Kota Debok hingga Bandara Soekarno Hatta yang terhubung langsung dengan Tol Dalam Kota Jakarta tanpa melalui Tol Dalam Kota Jakarta atau menuju Pokor.


Dapatkan pembaruan Berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Update Berita Kompas.com” dengan klik linknya https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.