Juni 17, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Utas Disebut Menyalip Data Pribadi, Bagaimana Instagram Tidak Masalah?  : Ocean Techno

Utas Disebut Menyalip Data Pribadi, Bagaimana Instagram Tidak Masalah? : Ocean Techno

media Jejaring sosial baru Threads diserukan oleh banyak pihak karena mengambil terlalu banyak data pribadi pengguna. Saingan Twitter ini pun mendapat kecaman keras dari banyak kalangan, salah satunya mantan pemilik Twitter Jack Dorsey.

Revy Silviana, direktur kemitraan kreator Asia Tenggara untuk Metta, mengatakan bahwa Threads sebenarnya tidak mengumpulkan data sebanyak yang dirumorkan secara luas. Padahal, data pribadi yang dikumpulkan sama dengan yang dikumpulkan oleh Instagram.

Revie menegaskan, data pribadi pengguna yang terkumpul aman dan hanya akan digunakan untuk mempersonalisasi pengalaman pengguna saat sesi diskusi dengan media di kantor Meta Indonesia di Jakarta Selatan pada Jumat (21/7/2023).

“Data privasi kami olah sesuai Instagram. Sebenarnya banyak asumsi kemarin, tapi sebenarnya data yang dikumpulkan adalah data agregat dan data yang dibutuhkan oleh situs. Jadi data yang digunakan hanya ini,” ujarnya.

Selain itu, Revie merekomendasikan agar pengguna selalu memeriksa akses dan mengurutkan izin yang diminta oleh aplikasi. Itu juga meminta pengguna untuk selalu memeriksa pengaturan dan kebijakan aplikasi alih-alih menerapkannya.

Sebelumnya, pendiri Twitter dan Bluesky Jack Dorsey mengkritik apa yang dilakukan Threads dalam mengumpulkan data pengguna. Aplikasi yang baru diluncurkan dianggap mengumpulkan data berlebihan.

Ikuti berita Okezone berita Google

READ  Gulungan Instagram diperpanjang hingga 90 detik, Indonesia mengerti


Dalam tweetnya, Jack Dorsey memberikan alamat khusus dengan informasi terkait pengaturan aplikasi terkait data privasi. Jika dibuka, alamat tersebut akan membuka panel informasi tentang data apa saja yang dapat dikaitkan dengan aplikasi Threads.

Utas dikatakan dapat menautkan ke berbagai data sensitif, termasuk kesehatan dan kebugaran, informasi keuangan, informasi kontak, konten pengguna, riwayat penelusuran, data penggunaan, penemuan, pembelian, lokasi, kontak, riwayat pencarian, pengidentifikasi, informasi sensitif dan data lainnya.

Sebanyak 14 data individual dapat dilampirkan ke utas. Situasi ini mengkhawatirkan beberapa pengguna Threads. Mereka pikir koneksi data pribadi dari utas terlalu banyak.

Konten di bawah ini disediakan oleh pengiklan. Wartawan Okezone.com tidak terlibat dalam konten ini.