Mei 30, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Wajah baru WhatsApp, mulai dari warna hingga bentuk ikon dan animasi baru

Wajah baru WhatsApp, mulai dari warna hingga bentuk ikon dan animasi baru

Uzone.id – Setelah lama dirilis, WhatsApp baru-baru ini mengambil langkah berani dan mengubah tampilan aplikasi mulai dari warna, ikon, bagan hingga tata letak menu WhatsApp.

Itid Yaniv, wakil presiden desain di WhatsApp, mengatakan filosofi desain terbaru di WhatsApp dibangun berdasarkan prinsip perusahaan untuk menjaga WhatsApp tetap sederhana, andal, dan personal.

WhatsApp mengedepankan 3 prinsip desain dalam desain terbarunya yaitu Baru, dapat diakses, Dan Sederhana. Kebijakan ini bertujuan untuk membuat pengguna merasa segar, senang dan nyaman saat menggunakan aplikasi ini.

Baca selengkapnya:

Jadi, apa yang berubah di aplikasi WhatsApp iOS dan Android? Simak uraiannya di bawah ini.

Pertama, palet warna baru

WhatsApp memperkenalkan palet warna hijau baru yang sangat dominan mulai dari warna lingkaran status, warna ikon pesan, dan ikon (+). Idit mengatakan, pihaknya mempertimbangkan lebih dari 35 warna sebelum akhirnya memilih warna hijau ikonik WhatsApp.

“Kami meningkatkan penggunaan warna-warna netral sehingga kami bisa lebih selektif mengenai di mana dan bagaimana warna hijau digunakan,” kata Idit.

Selain perubahan warna, WhatsApp juga menawarkan Mode Gelap, dengan fokus pada kontras lebih tinggi dan nada warna lebih dalam untuk mengurangi ketegangan mata di lingkungan dengan cahaya redup.

“Kami membuat warna lebih gelap untuk meningkatkan daya tarik visual dan keterbacaan,” tambahnya.

Kedua, perubahan pada grafik dan ikon

WhatsApp juga telah memperbarui ikon perpesanan, terutama di Android. Selain itu, WhatsApp juga melakukan perubahan pada grafis dan menambahkan animasi untuk estetika yang lebih menyenangkan.

Perubahan animasi lain yang dilakukan WhatsApp adalah memperbarui latar belakang default asli dalam obrolan.

WhatsApp menambahkan lebih banyak coretan terkait ikon, angka, emotikon, rumah, jam, dan percakapan sehari-hari lainnya.

Ketiga, ubah lokasi navigasi

Selain warna, perubahan yang paling menonjol adalah perubahan tata letak bilah navigasi di WhatsApp versi Android.

“Kami telah menambahkan bilah navigasi bawah paling modern di Android untuk membantu pengguna menemukan apa yang mereka butuhkan dengan cepat,” kata Edit.

Ia mengklaim bahwa posisi ini menempatkan tab lebih dekat ke ibu jari pengguna dan menyediakan navigasi yang disesuaikan dengan pengalaman pengguna pada perangkat asli dan Android.

Mengirim foto dan video di iOS kini semakin mudah dengan tata letak tautan baru. Menambahkan WhatsApp baki Pengguna dapat melihat fitur dengan lebih jelas saat mengirimkan media, polling, dokumen dan lainnya.

Keempat, klasifikasi obrolan yang lebih baik

WhatsApp memperkenalkan fitur baru yakni Filter Obrolan yang membantu pengguna untuk fokus dan menemukan percakapan penting dengan cepat.

Fitur ini diatas untuk pengguna Android, terdapat opsi 'Belum Dibaca' dan opsi 'Grup' untuk dengan mudah melihat pesan yang belum dibaca dan grup yang Anda ikuti.

Jadi, beberapa perubahan di WhatsApp. Tim desain aplikasi perpesanan mengatakan bahwa ke depan, perusahaan akan terus fokus menghadirkan fitur-fitur baru dan melakukan perbaikan yang membantu pengguna berbuat lebih banyak.