Maret 2, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Waspadai pencurian aki sepeda motor listrik, modus kejahatan jenis baru

Waspadai pencurian aki sepeda motor listrik, modus kejahatan jenis baru

Jakarta, KOMPAS.com – Pencurian aki sepeda motor listrik Ada Prosedur kriminal Yang baru yang mengganggu banyak pengguna. Pergerakan ini juga dikatakan akan lebih umum terjadi pada tahun 2024.

Sesuai dengan namanya, tindak pidana ini hanya fokus pada komponen baterai pada sepeda motor listrik, khusus kategorinya Ion lithium, LFPdan NMC.

Hendro Sudono, Penggemar dan Juru Bicara Sepeda Motor Listrik Komunitas sepeda motor listrik (Kosmologi) Kegiatan semacam ini mulai tercatat sejak pertengahan tahun 2023 dan intensitasnya semakin meluas.

“Ini (Pencurian aki sepeda motor listrik“Kasusnya mulai tahun 2023 sudah sangat luas. Paparannya tidak banyak,” ujarnya saat angkat bicara. Kompas.com Di Jakarta, Minggu (28/1/2024).

Baca Juga: Komunitas Sepeda Motor Listrik Sunmori Terus Berkembang Dengan Pengguna Lebih Banyak

Kompas.com/Daafa Alhaqy Baterai Sepeda Motor Listrik Anova Charged EV memiliki jangkauan tempuh 80 kilometer

Hendro dan beberapa penggiat komunitas sepeda motor listrik mengaku telah melakukan penyelidikan internal dan menangkap beberapa orang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebagian besar pencuri melakukan aktivitasnya dengan membobol bagian bawah bagasi tempat penyimpanan baterai.

“Motor listrik banyak yang joknya masih menggunakan akses kunci, tapi bagian bawahnya bolong sehingga bisa dibuka. Kalau joknya terbuka, ditarik keluar,” ujarnya.

Hendro pun mendemonstrasikan cara pencurian yang dilakukan maling. Prosesnya berjalan sangat cepat, tidak sampai semenit pun.

Baca Juga: Tren Penggantian Sepeda Motor Listrik 2024, Masih Sekadar Suku Cadang

Aki motor listrik bukti maling, jok tidak terkunci dari bawahKompas.com/Daafa Alhaqy Aki motor listrik bukti maling, jok tidak terkunci dari bawah

“Kalau malingnya banyak waktu terbang pasti tangannya mulus (efisien). Makanya berbahaya,” ujarnya.

READ  Memberikan free fire dengan karakter Ryu dan Sun-li dari Street Fighter V.

Menyikapi risiko tersebut, Hendro mengimbau seluruh pengendara sepeda motor listrik untuk selalu berhati-hati dan memasang kunci pengaman pada kompartemen baterai jika memungkinkan.


Dapatkan pembaruan Berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Dengan mengklik link tersebut, kita akan bergabung dengan grup Telegram “Update Berita Kompas.com”. https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.