Januari 22, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

WhatsApp atau Telegram, mana yang harus dipilih? Semua halaman

KOMPAS.comBagikan Mengembangkan kebijakan privasi baru efektif 8 Februari 2021. Pengguna harus menyetujuinya jika tidak ingin kehilangan akses ke WhatsApp.

Memulai halaman resmi Bagikan, Ada beberapa informasi yang dikumpulkan atau diminta melalui WhatsApp seperti informasi akun; Informasi dan catatan aplikasi; Informasi perangkat dan koneksi; Informasi lokasi; Kue; Dll

Selain itu, WhatsApp dapat membagikan informasi secara global, baik di dalam maupun di luar perusahaan Facebook.

“Misalnya, informasi Anda dapat ditransfer atau dikirim atau disimpan atau diproses di Amerika Serikat; afiliasi Facebook dan mitra Facebook atau negara atau wilayah tempat penyedia layanan kami berada; atau negara atau wilayah lain di seluruh dunia,” tulis WhatsApp.

Pada Jumat (8/1/2021), pengguna Twitter membahas kemungkinan beralih ke aplikasi chat lain. Telegrap.

Baca juga: [POPULER TREN] Kebijakan Privasi WhatsApp Baru | Penerimaan Sekolah Inspektur Polisi

Terus? Mari kita lihat perbandingan kedua aplikasi ini:

1. Privasi

Perbedaan utama antara kedua aplikasi ini adalah telegram dan Bagikan Memiliki pendekatan berbeda terhadap privasi dan data pengguna.

Mulai halaman Telegrap, Telegram memastikan keamanan yang lebih baik daripada aplikasi berita massal lainnya seperti WhatsApp dan Line.

“Kami didasarkan pada protokol Mtibroto, dibangun di atas mekanisme yang telah teruji waktu untuk membangun keamanan yang kompatibel dengan distribusi berkecepatan tinggi dan keandalan melalui koneksi yang lemah,” tulis Telegram.

Selain itu, ada obrolan rahasia khusus Sampai akhir. Dikatakan tidak meninggalkan jejak Server Mereka tidak mengizinkan Anda mengirim pesan, dan mendukung pesan yang hilang untuk waktu yang terbatas.

Obrolan rahasia bukan bagian dari awan telegram dan hanya dapat diakses di perangkat aslinya.

Untuk memulai Mengekspresikan, 8 Januari 2021, WhatsApp memperkenalkan enkripsi Sampai akhir Untuk semua obrolan, Telegram hanya menggunakannya untuk obrolan rahasia.

READ  Tidak disetujui Megawati sebagai calon presiden 2024, Kanjar berpotensi ...

Fitur obrolan enkripsi Sampai akhir WhatsApp memungkinkan pengguna mengatur timer pada pesan untuk penghancuran diri setelah waktu tertentu.

2. Perahu

Di Telegram, Bot adalah program berbasis AI dan mesin yang mampu melakukan multitasking yang efisien. Misalnya, bot gambar bisa mendapatkan gambar dari sebuah nama.

Banyak jenis bot yang sangat populer dengan bot gambar, bot gif, dan bot stiker.

3. Penyimpanan awan

Penyimpanan cloud atau penyimpanan Telegram Cloud memungkinkan Anda menyimpan gambar, pesan teks, file media, dan dokumen di cloud.

Penyimpanan cloud juga memungkinkan pengguna Telegram Gabung Dan Keluar Jadi jangan khawatir tentang backup dan restore pengguna.

4. Nama pengguna

Privasi di Telegram sangat terjamin karena Telegram memastikan privasi nomor kontak pengguna dengan menggunakan nama pengguna publik.

Dengan nama pengguna yang umum, pengguna Telegram dapat mengobrol dengan orang lain yang sedang digunakan meskipun mereka tidak memiliki nomor kontak orang lain.

5. Metode komunikasi banyak

Ada grup di WhatsApp dan ada saluran atau saluran di Telegram. Namun, keduanya berbeda.

Saluran dapat mengizinkan anggota tak terbatas, sementara WhatsApp terbatas.

Menurut laporan di situs resmi WhatsApp, aplikasi obrolan Facebook membatasi jumlah peserta dalam satu grup menjadi 256.

Pembuat saluran bertindak sebagai administrator yang dapat membuat keputusan tentang pengguna mana yang dapat memposting dan anggota lain yang dapat melihat postingan di saluran tersebut.

Di WhatsApp, seorang administrator dapat memiliki lebih dari satu orang. Selain itu, ini dapat diatur sehingga hanya administrator yang dapat mengirim pesan.

6. Dukungan berbagai platform

Mulai halaman Financial Express, 23 Juli 2019, Tidak seperti WhatsApp yang membutuhkan aplikasi seluler, ada aplikasi independen untuk semua situs yang menawarkan Telegram.

READ  Potret perayaan Natal di berbagai negara mulai dari Vatikan hingga Indonesia. Halaman Semua

7. Ringkasan Media

Telegram Media Compression memungkinkan pengguna memilih apakah mereka ingin mengompresi gambar atau video atau mengirim versi yang tidak dikompresi. WhatsApp tidak memiliki opsi itu.

8. Panggilan suara

Baik Telegram dan WhatsApp memiliki fitur panggilan suara. Namun, Telegram tidak memiliki fitur panggilan video seperti WhatsApp.

9. Bagikan file

Pengguna Telegram dapat mengirim semua jenis file hingga 1,5 GB melalui Telegram. Sedangkan WhatsApp mengontrol file yang dapat dikirim, yaitu hanya video, gambar dan jenis dokumen.

10. Berbasis pengguna

WhatsApp saat ini memiliki 1,6 miliar pengguna aktif, dibandingkan dengan 200 juta pengguna aktif bulanan Telegram.

WhatsApp atau Telegram?

Dari belum MengekspresikanJika masalah privasi menjadi prioritas atau pengguna ingin menghindari arus utama, Telegram adalah pilihan yang baik.

Namun, WhatsApp tidak ketinggalan jauh. Baik WhatsApp maupun Telegram memiliki banyak fitur serupa seperti tampilan gambar-dalam-gambar dan stiker.

WhatsApp memiliki panggilan video grup, situs pengguna yang hebat, enkripsi ujung ke ujung di mana-mana.

Namun, WhatsApp tertinggal dengan fitur-fitur seperti berbagi file terbatas dan penyimpanan cloud.

Telegram, di sisi lain, terdiri dari berbagai bot, yang memastikan berbagi file, kompatibilitas sistem operasi, dan privasi.

Telegram tertinggal dari WhatsApp karena platform tersebut tidak dapat melakukan panggilan video dan memiliki basis pengguna yang lebih kecil.

KOMPAS.com/AkbarBayuTamdomo
Infografik: Bagaimana cara mengetahui apakah ponsel Anda dapat mengakses WhatsApp pada 1 Januari 2021