Juni 20, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

11 Alasan dan Solusi Baterai iPhone Terkuras

11 Alasan dan Solusi Baterai iPhone Terkuras

iPhone (AFP/JUSTIN SULLIVAN)

Beberapa pecinta iPhone biasanya menghadapi masalah pengurasan masa pakai baterai. Tidak jarang pengguna mengisi baterai berkali-kali setelah menyelesaikan suatu aktivitas. Lantas, apa penyebab baterai iPhone terkuras?

Penggunaan baterai iPhone tidak terpengaruh oleh aktivitas pengguna yang berat. Namun, hal ini juga dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti baterai yang habis masa berlakunya, kecerahan layar, dan lainnya.

Di bawah ini kami memperkenalkan 11 alasan dan solusi baterai iPhone terkuras.

1. Baterai kedaluwarsa

Baca Juga: Akhirnya! Apple membuka lisensi Retro Game Emulator di App Store

Jika baterai iPhone sudah tua, kemungkinan besar ponsel akan boros listrik. Hal ini disebabkan tidak hanya oleh masa pakai baterai tetapi juga karena penggunaan pengisi daya yang salah atau tidak sesuai.

Periksa kesehatan baterai iPhone untuk mengetahui apakah baterai iPhone Anda masih bagus atau tidak. Untuk memeriksa status baterai iPhone, pilih Pengaturan > Baterai > Kesehatan & Pengisian Baterai.

Setelah itu, iPhone akan memberikan informasi mengenai kapasitas baterai yang terpasang. Jika persentasenya rendah, segera ganti baterai untuk mencegah baterai cepat habis.

2. Email dorong aktif

Baca Juga: Cara Merekam Layar iPhone di iOS 11 dengan Perekam Layar

Fitur ini berguna untuk memberikan informasi dan notifikasi ketika pesan email masuk dan umumnya digunakan oleh para pekerja. Sayangnya, mengaktifkan fitur ini dapat menguras daya baterai.

Disarankan untuk menjalankan email push hanya selama jam kerja. Misalnya, jika iPhone Anda memiliki pengaturan email push, iPhone Anda akan selalu meminta email baru dari server email Anda. Untuk alasan ini, disarankan untuk beralih ke sistem menerima email push.

3. Pemberitahuan push aktif

READ  Samsung Galaxy S23 Tactical Edition dan Discover 6 Pro Tactical Edition • Jagat Gadget

Baca Juga: Apple Merilis iOS 16.4.1 untuk Memperbaiki Bug

Seperti halnya email push, semakin banyak notifikasi yang Anda lihat, semakin cepat baterai Anda terkuras. Pengguna biasanya tidak menyadari bahwa notifikasi aplikasi tertentu sedang aktif.

Solusi untuk mencegah aplikasi selalu mengirimkan notifikasi adalah dengan menampilkan kalimat konfirmasi saat menginstal aplikasi dengan opsi “Saya ingin aplikasi mengirimkan notifikasi push”. Setelah Anda menemukan opsi ini, pilih “Larang”. Namun jika aplikasi yang diunduh bersifat penting, pengguna dapat mengklik “Izinkan”.

4. Kecerahan layar berlebihan

Grafik dan font yang ditampilkan pada LCD iPhone memerlukan kecerahan layar untuk membacanya. Namun, mengatur kecerahan layar terlalu tinggi akan menguras baterai. Solusinya, Anda bisa mengurangi atau mengatur kecerahan layar sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Apple Resmi Rilis iOS 16, Tersedia untuk iPhone 8

5. Aplikasi berjalan di latar belakang

Aplikasi akan terus berjalan di latar belakang hingga Anda menutup ponsel. Hal ini dapat menguras baterai iPhone. Solusinya adalah dengan menonaktifkan aplikasi layar belakang. Untuk menonaktifkan aplikasi di latar belakang, Anda dapat mengklik dua kali tombol Home atau menggeser ke atas dari tengah bawah, lalu geser untuk menutup aplikasi yang tidak digunakan.

6. Banyak aplikasi yang mengaktifkan layanan lokasi

Layanan lokasi membantu meningkatkan akurasi menjalankan aplikasi berdasarkan lokasi. Layanan ini biasanya tersedia di aplikasi berbasis peta seperti aplikasi ojek online. Sayangnya, beberapa aplikasi mengaktifkan layanan lokasi meskipun tidak diperlukan, sehingga dapat menguras baterai iPhone.

Nonaktifkan terlebih dahulu layanannya, buka pengaturan, cari privasi, lalu cari layanan lokasi, lalu klik bagikan tanpa mengubah lokasi, nonaktifkan aplikasi yang tidak memerlukan informasi lokasi, misalnya nonaktifkan Instagram dan aplikasi lainnya. aplikasi. Selanjutnya, klik Layanan Sistem dan nonaktifkan semua opsi. Namun, disarankan untuk tidak menonaktifkan lokasi kritis untuk SOS darurat, Temukan iPhone Saya, atau fitur khusus lainnya yang mengaktifkan lokasi sangat penting.

READ  ColorOS 13 telah diluncurkan ke 33 model smartphone OPPO

7. Efek visual yang berlebihan (wallpaper video)

Fitur menarik dari iPhone adalah kemampuannya mengubah video menjadi wallpaper. Sayangnya, aplikasi ini cepat menguras daya baterai karena terus-menerus membebani GPU ponsel. Soalnya GPU ini “haus daya”. Semakin indah dan kompleks gambar yang ditampilkan, semakin besar pula daya yang digunakan.

Solusinya adalah dengan menonaktifkannya. Untuk mematikannya kamu bisa masuk ke menu Settings, lalu Accessibility, lalu Motion, lalu aktifkan Reduce Motion. Jika tidak, lebih baik menggunakan wallpaper foto atau gambar.

8. Widget yang tidak digunakan

Widget dapat digambarkan sebagai aplikasi kecil yang dapat diunduh satu kali, dijalankan di latar belakang, dan memengaruhi penggunaan baterai meskipun tidak digunakan. Jadi, hapus widget dan gunakan hanya yang Anda perlukan.

9. Sinyal sulit

Sinyalnya lemah atau sulit dideteksi sehingga menyebabkan baterai terkuras. Pasalnya, ponsel Anda bekerja lebih keras dalam mendeteksi suatu sinyal agar seluruh fungsinya dapat berfungsi seperti semula. Jika Anda berada di area dengan penerimaan rendah dan tidak ingin baterai cepat habis, ada baiknya Anda mematikan koneksi data atau mengaktifkan mode pesawat.

10. Cuaca Ekstrem

Cuaca yang sangat dingin atau sangat panas dapat mempengaruhi kinerja baterai, sehingga mengakibatkan konsumsi daya baterai lebih tinggi. Kondisi ini terjadi ketika ponsel tiba-tiba mati saat mendaki gunung dan mencapai puncak. Untuk menghindari masalah ini, pastikan untuk menyimpan ponsel Anda pada suhu ruangan yang aman.

11. Kesalahan perangkat lunak

iPhone yang sistem operasinya bermasalah dapat menguras baterai dengan cepat. Peristiwa ini terjadi saat pembaruan iOS 16.4 dirilis. Banyak pengguna yang mengeluh baterai mereka lebih cepat terkuras setelah menginstal iOS 16.4.

Solusi Disarankan untuk memilih seri iPhone yang memiliki daya tahan baterai yang lama dengan membaca jajaran iPhone dengan kapasitas baterai terbesar dan tahan lama yang perlu diperhatikan saat membeli ponsel Apple. (Z-6)

READ  Fitur obrolan kunci WhatsApp baru dapat mengunci pesan, lihat cara mengaktifkannya di sini, tidak tersedia di semua ponsel