Februari 7, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

3 Instruksi PPPK Terbaru 2023 yang disetujui oleh Presiden, kami harapkan dapat mengakomodir seluruh Hon.

Mendikbud Nadiem Makarim memberikan kado indah kepada para guru honorer di HUT ke-77 PGRI dan HGN. Foto tangkapan layar resmi YouTube PB PGRI

jpnn.comJAKARTA – Pemerintah sedang menyiapkan mekanisme baru PPPK 2023. Mekanisme itu disetujui Presiden Joko Widodo yang ingin menyelesaikan honor pada 2023.

“Mempekerjakan pegawai negeri sipil dengan kontrak kerja (PPBK), meski dalam praktiknya memiliki berbagai kekurangan, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan guru honorer,” kata Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendigbudristek) Nadiam Makarim dalam acara puncak tersebut. Sabtu (3/12) merupakan HUT ke-77 PGRI dan HGN di Semarang.

Dia menyadari implementasi dua tahun Pilih PPP Guru, berbagai masalah muncul. Salah satunya Fakultas Kehormatan yang belum terbentuk.

Maka Nadiam meminta kepada pemerintah daerah untuk mengajukan rumusan PPPK 2023 bagi guru honorer untuk mengakomodir semuanya.

Selain meminta kerjasama dengan pemerintah daerah, Nadiam mengungkapkan ada tiga kebijakan yang disiapkan pemerintah. Ketiga kebijakan tersebut merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Hal lain yang perlu saya sampaikan kepada seluruh guru honorer adalah bahwa tiga prinsip yang kita terapkan dalam ujian PPPK 2023 ini telah disahkan oleh Presiden Jokowi,” ujarnya.

Secara khusus, Nadiem mengucapkan terima kasih atas komitmen kuat Presiden Jokowi untuk menuntaskan persoalan kehormatan pada 2023. Tiga prinsip yang harus diikuti dalam Ujian PPPK 2023:

1. Pada bulan Maret 2023, jika pemerintah daerah tidak mengusulkan untuk dibentuk sesuai kebutuhan, pemerintah pusat akan menyelesaikan penataannya.

Ada tiga pedoman baru PPPK 2023 yang sudah disiapkan pemerintah dan disetujui Presiden, semoga semua honor bisa terakomodasi.