Desember 2, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

3 TMII dibuka kembali setelah dilakukan resusitasi

Jakarta

Taman Mini Indonesia Inda (DMII) melakukan uji coba terbuka terbatas kepada masyarakat setelah ditutup sementara untuk rehabilitasi. Banyak hal baru setelah peluncuran kembali TMII.

Uji coba terbuka terbatas DMII dilakukan mulai 20 November 2022. Dilihat detikcom pada Senin (14/11) melalui akun Instagram TMII @media_tmii.

“Siapa yang kangen TMII? Akhirnya penantian berakhir!” Tulis akunnya.

1. Pesan tiket secara online

Warga yang ingin masuk ke TMII saat uji coba terbuka terbatas harus memesan tiket secara online. Tersedia untuk dipesan mulai 16 November 2022.

“Minggu, 20 November 2022, TMII akan mulai melakukan uji coba terbuka terbatas untuk umum lho! Ayo, ayo, ayo… persiapkan dirimu untuk merasakan keindahan wajah baru TMII,” tulis akun tersebut.

Tiket dapat dipesan melalui website resmi TMII (https://www.detik.com/tag/tmii). Warga diminta memesan tiket secara online karena TMII tidak melayani pembelian di tempat.

“Tiket hanya bisa dipesan secara online di www.tamanmini.com mulai 16 November 2022 dan tidak melayani pembelian di tempat,” tulis akun tersebut.

2. Tidak ada penghalang antar situs

Salah satu hal yang ditingkatkan dari TMII adalah dihilangkannya sekat antar platform regional. detikcom Upaya untuk melewati situs di mana penghalang atau partisi telah dihilangkan. Salah satunya adalah Anjungan di Provinsi Jambi dan Pengulu.

Anjungan dari kiri ke kanan: Papua Barat – Sulawesi Barat – Kepulauan Riau – Korandalo di taman miniatur Indonesia yang indah Foto: Muhammad Hanafi/Tedikcom

Nampaknya kedua situs tersebut kini tidak dipisahkan oleh tembok atau pembatas. Kini, kedua simbol provinsi tersebut hanya dibatasi oleh rerumputan yang bisa dilalui.

kecuali itu, detikcom Kami juga berkesempatan melihat anjungan Provinsi Lampung dan Jawa Barat. Hal yang sama digunakan, tidak ada sekat atau batas antara kedua situs tersebut.

Selain itu, situs Papua Barat, Sulawesi Barat, Kepulauan Riau dan Korandalo tidak dilindungi. Empat arena regional seakan tumpang tindih.

Dalam keterangan tertulisnya, Edy Setijono, Direktur Utama (Direktur) Taman Wisata (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko menjelaskan bahwa revitalisasi ini merupakan wujud persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia. Menurutnya, TMII berperan penting dalam melestarikan budaya dan merepresentasikan budaya masyarakat Indonesia.

“DMII menjadi contoh bagi dunia bagaimana melestarikan sekaligus merepresentasikan budaya Indonesia agar budaya daerah di Indonesia dapat lebih dikenal dan memberikan nilai edukasi kepada masyarakat,” ujar Eddy Setijono. Dalam keterangan tertulis, Minggu (20/11).

Selain itu, menurutnya pasca renovasi, wajah baru TMII dilakukan untuk mengembalikan jiwa dan semangat sebagai citra kecil Indonesia. Kunci pengembangan ini adalah menjadikan TMII sebagai ultimate showcase of beauty Indonesia dengan menciptakan konsep pilar inklusif, hijau, cerdas dan berbudaya.

“Wajah baru TMII mengembalikan semangat dan semangat pembangunan TMII sebagai mikrokosmos Indonesia. Inti dari revitalisasi ini adalah untuk menghadirkan TMII sebagai pamungkas keindahan Indonesia. PT TWC menciptakan 4 konsep manajemen untuk TMII, yaitu Pilar. Inklusif, Hijau , Cerdas dan Berbudaya,” ujarnya.

Ia menambahkan, pilar inklusi di ruang publik yang disediakan TMII untuk masyarakat telah terwujud. Sementara itu, pilar hijau terlihat dari penataan 70% kawasan zona hijau dan 30% bangunan eksisting.

“Terwujudnya Pilar Inclusive akan menyediakan ruang publik di TMII yang dapat digunakan oleh masyarakat. Bersama Pilar Green, TMII akan berkontribusi dalam pengurangan emisi dan penyediaan oksigen di kawasan TMII. Setelah direvitalisasi, TMII akan terdiri dari 70 persen zona hijau dan 30 persen bangunan,” katanya.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

READ  Salah satu korban kecelakaan bus di Rajapola Tasikmalaya hilang.