Mei 26, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

4 negara Nordik dengan lebih dari 250 jet tempur telah sepakat untuk membentuk pertahanan udara bersama

4 negara Nordik dengan lebih dari 250 jet tempur telah sepakat untuk membentuk pertahanan udara bersama

Angkatan Bersenjata/AR

Tinjauan Wilayah Udara (airspace-review.com) – Empat negara Nordik sepakat untuk bersama-sama memperkuat pertahanan udara regional. Kontrak termasuk Deklarasi Tujuan Bersama (JDI) 16 Maret 2023. Keempat negara tersebut adalah Swedia, Norwegia, Finlandia, dan Denmark.

Peluncuran JDI tidak lepas dari perang berkepanjangan antara Rusia dan Ukraina yang telah berlangsung lebih dari setahun sejak 24 Februari 2022. Diakui, perang secara tidak langsung akan mempengaruhi kawasan High North dan Laut Baltik.

JDI ditandatangani oleh empat Kepala Udara di Pangkalan Udara Ramstein di Jerman.

Konsep Angkatan Udara Gabungan Nordik menyediakan lebih dari 250 pesawat tempur modern yang dapat dikerahkan kapan saja.

Ide tersebut sebenarnya sudah didiskusikan sejak pertengahan 1990-an, namun baru terealisasi belakangan ini.

Ketika Finlandia dan Swedia bersiap untuk bergabung dengan NATO, pemerintah negara-negara Nordik menemukan diri mereka pada landasan yang kokoh untuk membahas rencana aksi bersama untuk menciptakan “NATO mini” di wilayah mereka.

Menurut laporan Defense News, tujuan utama JDI adalah memperkuat kerja sama angkatan udara di antara empat negara Nordik dan mempercepat upaya bersama yang konkret untuk membangun pertahanan udara regional yang kuat.

-JTN-

READ  KAMI. Video mesin pesawat maskapai yang terbakar di udara menyebar di Twitter