Juni 20, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Untuk memerangi agresi Rusia, 17 jet tempur MiG-29 dikirim ke Ukraina

Untuk memerangi agresi Rusia, 17 jet tempur MiG-29 dikirim ke Ukraina

Tempo.co, Jakarta – Dikeluarkan untuk Angkatan Udara Polandia Ukraina Empat jet tempur MiG-29 Dalam warisan Sovietnya, dia berjanji untuk menambah delapan lagi. Kamis lalu, atau setahun setelah perwakilan UE mengumumkan akan mengirim pesawat tempur ke Ukraina untuk melawan invasi multi-cabang baru. Rusia Besar sekali.

Sehari setelah Polandia, Perdana Menteri Slovakia Eduard Heger mengumumkan bahwa dia akhirnya bergerak maju dengan rencana untuk mengirimkan 13 jet tempur MiG-29 ke Ukraina. Sebagai satu-satunya jet tempur negara itu, MiG-MiG telah pensiun Agustus lalu dan akan digantikan oleh 14 pesawat tempur F-16V buatan AS.

Sampai jet tempur baru tiba, Republik Ceko dan Polandia telah sepakat untuk menempatkan beberapa jet tempur mereka di Pangkalan Udara Malachy untuk melindungi wilayah udara Slovakia. Sementara UE telah memberi Slovakia 200 juta euro, Amerika Serikat juga akan memberikan kompensasi pertahanan senilai $745 juta.

Dukungan untuk jet tempur taktis jarak pendek bermesin ganda yang dikenal sebagai ‘Fulcrum’ dipilih oleh NATO karena pilot Ukraina dan teknisi mereka telah mengoperasikan jet tempur yang sama selama beberapa dekade. Mereka dianggap lebih siap menggunakan pesawat tempur Soviet yang lebih tua daripada menggunakan pesawat baru.

Ekspor dari Polandia dan Slovakia terutama dalam bentuk pesawat tempur lengkap, tetapi Ukraina mampu meningkatkan jumlah pesawat tempur MiG yang dapat dioperasikan dengan mengekspor suku cadang dari negara anggota NATO sebelumnya. Memungkinkan Kyiv mengaktifkan kembali pesawat yang rusak.

Sebuah jet tempur Angkatan Udara Ukraina terbang selama latihan di lokasi tak dikenal di Ukraina, dalam screenshot video selebaran tak bertanggal ini. Ukraina sekarang membutuhkan jet tempur seperti F-15 dan F-16 AS, kata juru bicara Angkatan Udara Ukraina Kolonel Yuriy Ignat. Manual melalui Angkatan Udara Ukraina/REUTERS.

READ  Polly, Destinasi Paling Populer di Asia dan halaman keempat edisi Global Travel Consultant

Juga pada bulan Maret, Makedonia Utara mengatakan telah mengirim empat jet tempur Su-25 ke Ukraina Juli lalu ketika mereka tidak dapat terbang. Pesawat-pesawat itu dikanibal di sana untuk mendapatkan lebih banyak Sukhoi Su-25 Ukraina yang bisa terbang kembali ke langit.

Tidak diragukan lagi, jajaran MiG-29 Ukraina – terutama Su-27 Flanker – kalah bersaing dengan armada tempur modern Rusia. Pesawat Rusia memiliki keunggulan radar jarak jauh, rudal udara-ke-udara jarak jauh R-77-1 dan R-37M, serta didukung pesawat peringatan dini andalan A-50.

Namun dengan dukungan pasukan di darat, pesawat MiG dan Su-27 Angkatan Bersenjata Ukraina mengadopsi taktik perang gerilya di udara: terbang rendah ke jet tempur Rusia untuk menghindari deteksi radar, lalu menyelinap ke landasan. Jaringan padat rudal pertahanan udara Pak dan S-300. Sejauh ini mereka telah menembak jatuh beberapa drone dan pembom Rusia di kota-kota Ukraina.

MiG-29 Ukraina telah dimodifikasi untuk membawa rudal AGM-88 HARM buatan Amerika yang dirancang untuk menghancurkan radar pertahanan udara. Efeknya tidak sedikit pada pertahanan udara Rusia selama serangan terhadap Kherson akhir tahun lalu.

Foo menunjukkan: Tangkapan layar video di Twitter yang menunjukkan rudal AGM-88 HARM dengan garis kuning dan sirip di sayap kanan Mig-29 Ukraina.

Untuk saat ini, perang udara di Ukraina dianggap berimbang, dengan kedua belah pihak menahan diri untuk tidak saling serang. Tambahan 17 pesawat tempur MiG-29 diperkirakan tidak akan mengubah situasi, karena Ukraina – yang telah mengalami setidaknya 18 kali jatuhnya MiG-29 sebelumnya – masih belum mampu mencapai keunggulan teknologi.

Meski begitu, hal itu bisa menambah kerumitan upaya Rusia membekukan Kiev.

READ  Semakin Kuat, Angkatan Laut Iran Dapatkan Rudal Jelajah Jarak Jauh Buatan Sendiri Baru: Jangkauan 1.000 km

Mekanik Populer


Selalu Meningkatkan Informasi terakhir. mendengarkan berita penting dan pesan yang dipilih Tempo.co Di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung membutuhkanmuInstall Pertama adalah aplikasi Telegram.