Agustus 17, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

5 Tips Mengambil Foto Menggunakan Fitur Potret di Oppo Reno 7 4G

“Dengan menggunakan mode potret, detail subjek utama yang dibidik pengguna akan tampak lebih tajam dan menonjol dari objek lain”

JAKARTA, TELISIK.ID – Berbagai merek smartphone berlomba-lomba merilis perangkat terbaik di tahun 2022. Salah satunya adalah dengan memberikan fitur yang dapat memburamkan latar belakang subjek yang dibidik.

Biasanya fitur yang bisa memberikan efek bokeh tergantung pada mode “Portrait” di software kamera ponsel.

Dengan menggunakan mode potret, detail subjek utama yang dibidik pengguna akan tampak lebih tajam dan lebih jelas dari objek lainnya.




Smartphone Oppo Reno 7 4G memiliki fitur ini.

Mengutip dari Technologue.id, seperti kebanyakan varian HP Oppo, OPPO Reno 7 4G hadir dengan kualitas kamera yang luar biasa. Ponsel ini memiliki dua kamera termasuk kamera utama 64MP, kamera potret 2MP dan kamera belakang yang dilengkapi kamera mikroskop 2MP.

Kemudian untuk kamera depan terdapat kamera selfie dengan resolusi 32MP, spesifikasi kameranya adalah kamera selfie IMX709 RGBW.

Untuk menggunakan mode potret, pengguna Oppo Reno7 4G dapat masuk ke aplikasi kamera dan memilih menu “Potret” dalam mode kamera di bagian bawah layar.

Seperti dikutip dari Kompas.com, berikut beberapa tips untuk mengambil gambar atau foto berkualitas menggunakan mode “Portrait”:

1. Perhatikan jarak antara subjek dan kamera

Untuk membuat foto potret yang sempurna, pengguna harus terlebih dahulu memastikan jarak antara kamera dan subjek yang dibidik. Jarak tempat mode potret bekerja antara 1-2 meter.

Baca selengkapnya: Dan yang lebih canggih, inilah kehebatan teknologi AI di kamera smartphone

Mode potret sudah siap dan ketika wajah atau subjek manusia terdeteksi, latar belakang subjek akan tampak kabur dan siap untuk dipotret.

READ  Dimensi 1200 lebih bertenaga dari Snapdragon 865

Selain jarak antara kamera dan subjek, pastikan jarak antara subjek utama dengan objek di sekitarnya atau objek di latar belakang tidak terlalu dekat dengan subjek utama.

Pasalnya, jika terlalu dekat, hasil foto portrait tidak akan terlihat rapi atau indah.

2. Perhatikan intensitas cahaya sekitar

Pastikan tidak ada terlalu banyak cahaya yang menyinari subjek utama. Jika terlalu tinggi, dikhawatirkan cahaya akan merusak detail atau warna subjek yang difoto.

Untuk mengatasinya, pindahkan ke tempat yang teduh, namun tetap terlindung dari sinar matahari, atau terlindung dari sinar matahari langsung.

Selain itu, pastikan objek utama tidak menghadap cahaya atau matahari. Pasalnya, dikhawatirkan menimbulkan backlighting.

Backlight adalah efek yang menggelapkan lampu di sekitarnya. Hal ini bisa terjadi karena cahaya atau sinar matahari mengalahkan kecerahan objek utama.

Untuk menghindari cahaya latar, pengguna dapat memindahkan subjek ke lokasi lain untuk memastikan tidak ada sinar matahari dalam bidikan kamera.

3. Pilih latar belakang yang menarik

Selain intensitas cahaya, pengguna juga harus memperhatikan latar belakang subjek yang difoto.

Pilih latar belakang yang menarik, penuh warna dan sesuai dengan subjek utama. Selain itu, pilih latar belakang yang tidak berbenturan dengan warna subjek.

Ini tentu saja ada untuk memisahkan detail subjek dari latar belakang dan menghindari tampilan yang membosankan dalam foto potret.

4. Pastikan ponsel stabil saat mengambil gambar

Stabilitas ponsel juga sangat penting saat memotret menggunakan mode potret.

Baca selengkapnya: Teknologi tidak selalu membuatmu bahagia, negara ini adalah contohnya

Jika ponsel goyah, foto pasti akan buram dan tidak fokus pada subjek utama.

Jadi, pastikan pengguna memegang ponselnya dengan stabil hingga proses pemotretan selesai menggunakan mode potret dan disimpan ke galeri ponsel.

READ  Sederhana dan Tak Ketahuan! Cara Sadap WhatsApp Hanya dengan Nomor WA, Lihat Detail Chat Pasangan Anda

5. Gunakan fitur Retouch dan Filter

Oppo Reno7 4G dilengkapi dengan fitur Retouch untuk memperhalus wajah dan kulit subjek utama. Selain Retouch, ponsel ini juga memiliki banyak filter yang bisa digunakan untuk mengubah tone warna atau mood foto sesuai selera.

Saat pengguna menggunakan mode potret, mereka dapat menggunakan fitur retouch dan filter. Hal ini tentunya akan membuat hasil foto portrait menjadi unik dan berbeda dari biasanya.

Untuk menggunakan fitur Retouch dan Filter, pengguna dapat mengklik ikon “Tongkat Ajaib” yang terletak di sudut kanan bawah aplikasi Kamera.

Kemudian, pilih “Retouch” untuk mempercantik wajah atau “Filter” untuk memilih filter yang diinginkan. (C)

Editor: Rep Utara

Pengarang: Hereni Hambali