Februari 6, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Akhirnya mimpi Jokowi menjadi kenyataan, kereta api pertama di Sulawesi berjalan

Jakarta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumathi meresmikan soft launching KA Makassar-Parepare jurusan Karongkong-Maroz. Kereta api pertama di Sulawesi Ini berjalan di sepanjang rute 80 km melintasi 9 stasiun.

Pembukaan kegiatan terbatas ini ditandai dengan pemukulan bedug. Peresmian dilakukan di depot kereta api yang terletak di Kabupaten Maroz.

Budi Garya mengatakan operasi itu bersejarah karena menyediakan kereta api di Sulawesi. Ia berharap peresmian akbar akan dilakukan pada Mei 2023 dan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Hari ini merupakan tonggak sejarah cita-cita Presiden Jokowi untuk membangun Trans Sulawesi. Ini satu tahap sudah kita sampaikan. Mudah-mudahan Presiden bisa menghadiri grand launching pada Mei nanti,” ujarnya di Maros, Sulawesi Selatan, Jumat. 12/2/2022).

Menurut Budi Karya, kereta api ini menunjukkan pembangunan tidak hanya terjadi di Jawa dan Sumatera. Namun, pertumbuhan tidak merata di seluruh wilayah.

Kereta pertama beroperasi di Sulawesi Foto: Ahmad TV Afridi/Tediccom

“Dicanangkan oleh Presiden bahwa konsep kereta tidak hanya di Jawa dan Sumatera, tetapi juga di Indonesia. Ini bukti nyata bahwa kereta tidak hanya ada di Jawa tetapi juga di Sulawesi,” kata Budi Karya.

Selain itu, Budi Karya menitikberatkan pada peningkatan awareness masyarakat akan kehadiran KA Sulawesi dan sektor pariwisata dalam peluncuran ini. Ia juga mengatakan kereta ini akan digratiskan hingga Desember.

“Tahap pertama ini adalah soft launching dan kami lebih berupaya untuk meningkatkan kesadaran tentang wisata Kereta Api Sulawesi dan Rammang-Rammang. Kami akan gratis hingga Desember,” katanya.

Sebagai informasi, KA ini melewati 9 stasiun yakni Maroz, Rammang-Rammang, Bangajene, Labakang, Marang, Mandalay, Tenet Rilau, Parru dan Karongkang.

READ  Seharusnya pesta ultah Kofifa menyakiti hati orang dan artis: kami tidak bisa bekerja karena aturan, gubernur ternyata seperti itu.

Tonton Juga Video: Menhub Inspeksi KA Trans Sulawesi Siap Beroperasi Oktober 2022

[Gambas:Video 20detik]

(acd/the)