September 25, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Android 13 secara resmi diluncurkan ke Google Pixel

KOMPAS.com – Setelah merilis versi beta, Google Sistem Operasi yang Dirilis Resmi (sistem operasi/OS) Android 13. Untuk tahap awal, Android 13 Dirilis untuk smartphone Google Piksel Pertama.

Pengumuman rilis OS ini lebih cepat dari versi OS sebelumnya. Misalnya, Android 12 dirilis pada Oktober tahun lalu, dan Android 11 dirilis pada September 2020.

Di blog resminya, Google telah mengunggah tangkapan layar dari tampilan Android 13 untuk memberi gambaran kepada pengguna. Ada tiga fitur utama yang dibawa Google dengan pembaruan ini.

Baca selengkapnya: Apakah Android 13 dirilis ke publik pada bulan September?

Tiga fitur tersebut termasuk “dipersonalisasi untuk Anda” (personalisasi pengguna), “membuat Anda tetap aman dan terlindungi” (meningkatkan keamanan dan keselamatan sistem) dan “membantu perangkat Anda bekerja lebih baik bersama-sama” (membantu perangkat bekerja lebih baik).

Google akan mengganti antarmuka Android 13 dengan desain baru yang disebut “Material U”. Dengan Material U, pengguna dapat memilih antara kertas dinding, Kemudian komputer akan secara otomatis menentukan warna mana yang dominan dan terlihat bagus untuk ditampilkan.

Google Tampilan OS Android 13

Android 13 juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan berbagai ikon aplikasi di luar default Google yang terlihat sama dan cocok dengan wallpaper yang digunakan pengguna.

Baca selengkapnya: Google mulai meluncurkan tampilan “Material U” untuk versi web Gmail

Selain tampilan, Andoird 13 juga menghadirkan peningkatan fitur pemutar musik, yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa musik yang mereka dengarkan.

Selain itu, pengguna dapat mengontrol atau memilih bahasa yang berbeda di setiap aplikasi, mengatur kecerahan wallpaper dan mengaktifkan tema gelap (dark mode) ketika mode tidur (bedtime mode) diaktifkan.

READ  Video Gameplay VALORANT Mobile Beredar, Grafisnya Sekelas VALORANT PC

Peningkatan keselamatan dan keamanan

Android 13 Beta 2Google Android 13 Beta 2

Fitur utama kedua yang berfokus pada keamanan menghadirkan fitur privasi baru saat berbagi foto dan video di aplikasi. Android 13 akan membatasi akses aplikasi hanya ke foto/video tertentu dan tidak semua gambar di galeri pengguna.

Kemudian, opsi “Aplikasi ini hanya akan memiliki akses ke foto yang Anda pilih” akan muncul.

Baca selengkapnya: Android 13 versi beta mulai diluncurkan, ini adalah ponsel pertama