September 29, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Apa ADIZ dan garis tengah Selat Taiwan, semua 2 lokasi konflik dengan China

Taipei, KOMPAS.com – ADIZ adalah Zona Identifikasi Pertahanan Udara suatu negara. Singkatan ini berasal dari bahasa Inggris yang berarti Air Defense Identification Zones.

ADIZ Taiwan Ini yang berkali-kali dimasuki jet tempur China.

Baru-baru ini, latihan militer skala besar di sekitar Taiwan termasuk jet tempur memasuki ADIZ Taiwan untuk memprotes kunjungan Ketua AS Nancy Pelosi.

Baca selengkapnya: Krisis Selat Taiwan, 3 konflik sejak berakhirnya Perang Saudara Tiongkok

Selain ADIZ, tempat lain yang menjadi pusat konflik adalah garis tengah Selat Taiwan.

Dikutip dari kantor berita AFP (5/8/2022), berikut penjelasannya Apa itu ADIZ? Dan Garis tengah Selat Taiwan.

MONDEFENSE MELALUI TWITTER China mengirimkan 39 jet tempur ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan pada Minggu (23/1/2022).

Selain Taiwan, ADIZ juga dimiliki oleh banyak negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Korea Selatan, Jepang dan China.

ADIZ tidak sama dengan wilayah udara suatu negara. Sebaliknya, ADIZ mencakup wilayah yang jauh lebih luas dan setiap pesawat asing harus menyatakan diri kepada otoritas penerbangan setempat.

Ketentuan ini dimaksudkan untuk memberi suatu negara lebih banyak waktu untuk mengidentifikasi dan menanggapi pesawat musuh.

ADIZ Taiwan tumpang tindih dengan ADIZ China, termasuk beberapa daratan.

Di masa lalu, sebagian besar pesawat militer China dan Taiwan tetap berada di luar ADIZ pihak lain, meskipun serangan kadang-kadang terjadi.

Namun, itu mulai berubah sekitar dua tahun lalu ketika China memberi tekanan lebih pada militer di Taiwan, yang dianggapnya sebagai wilayahnya dan berjanji untuk merebutnya suatu hari nanti.

Tahun lalu, Taiwan mencatat 969 pelanggaran ADIZ oleh pesawat tempur China basis data AFPItu dua kali lipat dari sekitar 380 yang dilakukan pada tahun 2020.

READ  Tragedi hilangnya kapal selam USS Treasure, dinamai KRI Nangala-402, ratusan nyawa ditemukan

Sebagian besar pelanggaran terjadi di sudut barat daya ADIZ Taiwan.

Pada 4 Oktober 2021, pesawat yang paling banyak diterbangkan China dalam satu hari adalah 56.

Baca selengkapnya: Mengapa Taiwan tidak bisa menjadi anggota PBB?

Sebelum latihan militer minggu ini, Taiwan telah mencatat 626 pelanggaran ADIZ sepanjang tahun 2022, meningkat hampir 70 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Tingginya jumlah pelanggaran ADIZ telah menempatkan angkatan udara Taiwan di bawah tekanan, dan telah mengalami serangkaian kecelakaan fatal dalam beberapa tahun terakhir.

2. Apa garis tengah Selat Taiwan?

Sebuah kapal fregat kelas Knox Angkatan Laut Taiwan menembak saat latihan angkatan laut di dekat Stasiun Angkatan Laut Chuao di Kabupaten Yilan, timur laut Taiwan, Jumat (13/4/2018).  Pada 4 Agustus 2022, setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan, China melakukan latihan militer dan menembakkan rudal di Selat Taiwan.AB/Chiang Ying-ying Sebuah kapal fregat kelas Knox Angkatan Laut Taiwan menembak saat latihan angkatan laut di dekat Stasiun Angkatan Laut Chuao di Kabupaten Yilan, timur laut Taiwan, Jumat (13/4/2018). Pada 4 Agustus 2022, setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan, China melakukan latihan militer dan menembakkan rudal di Selat Taiwan.

Garis tengah Selat Taiwan Perbatasan tidak resmi – tetapi setelah diamati dengan ketat – melintasi pusat Selat Taiwan yang memisahkan Taiwan dari China.

Garis ini dibuat selama Perang Dingin sebagai cara untuk membatasi dua pihak yang berlawanan untuk mengurangi risiko konflik.

Tidak ada kesepakatan atau perjanjian yang menetapkan posisi tengah Selat Taiwan, tetapi selama beberapa dekade telah berfungsi untuk memisahkan militer Taiwan dan Cina.

Selama masa-masa tegang ini, China kadang-kadang mengerahkan kapal perang atau pesawat terbang melintasi garis tengah Selat Taiwan, yang memicu protes dari Taipei.

Pelanggaran garis tengah Selat Taiwan umumnya kurang umum daripada pelanggaran ADIZ, tetapi dipandang lebih provokatif.

Baca selengkapnya:

Selama dua tahun terakhir, para pejabat China secara terbuka menyatakan pandangan mereka bahwa garis tengah Selat Taiwan tidak ada dan tidak pernah ada.

READ  Nyaris Setahun di Luar Angkasa, Astronot Mark Vande Hei Kembali ke Bumi Halaman all

Sekarang telah terjadi eskalasi besar dalam pelanggaran garis median di Selat Taiwan selama latihan militer China minggu ini.

Dari 49 penerbangan yang melanggar ADIZ, Taiwan melaporkan 44 penerbangan melintasi garis tengah pada Rabu (3/8/2022) dan Kamis (4/8/2022).

Militer Taiwan mengatakan pada Jumat (5/8/2022) bahwa kapal perang China telah melewati garis tengah Selat Taiwan, namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Selain memahami apa itu ADIZ dan garis tengah Selat Taiwan, Anda juga bisa membaca mengapa China dan Taiwan bermusuhan. Di Sini.

Dapatkan pembaruan berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join group Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.