Mei 25, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Atraksi utama prajurit Kormada II Surabaya dalam rangka HUT TNI Angkatan Laut ke-78

Atraksi utama prajurit Kormada II Surabaya dalam rangka HUT TNI Angkatan Laut ke-78

Puncak acara perayaan HUT TNI Angkatan Laut (AL) ke-78 pada Senin (11/9/2023) dipusatkan di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya.

Pantauan Suarasurabaya.net, usai inspektur upacara Laksamana TNI Udo Marcono, Panglima TNI Kormada II tiba di dermaga Ujung Mathura Surabaya, rangkaian kegiatan diawali upacara yang dimulai pukul 09.00 WIB.

Upacara tersebut dihadiri ribuan prajurit TNI dari seluruh Indonesia. Setelah selesai, dilanjutkan dengan demonstrasi udara oleh pesawat TNI Angkatan Laut, helikopter, dan prajurit terjun payung untuk melumpuhkan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Kemudian, parade atau parade prajurit tiap batalyon dengan diiringi barisan kendaraan taktis (randis).

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali saat acara syukuran syukuran HUT TNI Angkatan Laut ke-78 di Dermaga Ujung Madura Koarmada II Surabaya, Senin (11/9/2023). Foto: Meilita jasasurabaya.net

Panglima TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, ulang tahun TNI AL ini merupakan pengingat komitmennya dalam menyelesaikan pekerjaan rumah terkait persenjataan, teknologi dan lain-lain.

Sebelumnya telah dilakukan parade pasukan dari beberapa batalyon, unsur maritim seperti Polarood dan Bea Cukai ikut serta. Keahlian prajurit dan seni budaya Indonesia serta demonstrasi bela diri. Demonstrasi alutsista diberikan oleh pesawat angkatan laut dan kapal model TNI Angkatan Laut, ungkapnya. Muhammad Ali, Senin (11/9/2023) menjelaskan.

Yang terpenting, jumlah kapal yang dimiliki TNI Angkatan Laut harus ditambah.

“Dibutuhkan lebih banyak kapal karena lautan kita terlalu luas. Sekarang itu tidak cukup. Kondisi kapal-kapal tua perlu dimodernisasi dan dihidupkan kembali. Itu yang utama,” tegasnya. (lta/saf/ipg)