Juni 22, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Jakarta Langit Biru Apakah kualitas udara akhir-akhir ini membaik?

Jakarta Langit Biru Apakah kualitas udara akhir-akhir ini membaik?


Jakarta

Pagi ini, langit di sekitar Jakarta terlihat lebih cerah dibandingkan beberapa hari terakhir. Lalu bagaimana kualitas udaranya?

Dilihat detikcom di aplikasi Nafas Indonesia, kualitas udara berwarna kuning dan oranye pada Selasa (12/9/2023) pukul 07.30 WIB. Jakarta memiliki beberapa titik dengan kualitas udara sedang atau baik, seperti Rawa Bharat, Kebayoran Baru, dan Bermata Hijaw.

Indeks AQI di wilayah Pancoran sebesar 122 dengan kategori oranye atau tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Sementara berdasarkan data situs pemantauan kualitas udara IQAir pada pukul 07.30, indeks kualitas udara Jakarta masuk kategori tidak sehat sebesar 152, dan kadar PM2,5 11 kali lebih tinggi dari nilai pedoman kualitas udara tahunan WHO.

Kemunculan langit biru di DKI dan sekitarnya juga terlihat pada siang hari tadi. IQair mencatat kualitas udara pada Senin (11/9) tergolong sedang, dengan Indeks Kualitas Udara (AQI) sebesar 63 pada pukul 17.00, kemudian 156 pada pukul 01.00 pada Selasa (12/9).

Penampakan langit biru di Jakarta pada Senin (11/9) sore. Foto: Uyung/detikHealth

Pemerintah melakukan beberapa cara untuk mencegah pencemaran udara di Jakarta, mulai dari kabut air atau penyemprotan udara dari gedung-gedung bertingkat hingga hujan buatan. Pada KTT ASEAN 5-7 September, BNPB melakukan modifikasi cuaca dengan menyemprotkan air dari pesawat.

“Sebanyak dua pesawat dioperasikan untuk menciptakan evaporasi sehingga diyakini mampu ‘menggelontor’ polusi udara. Selain mengurangi polusi udara di wilayah Jakarta, Bogor, Debok, Tangerang, dan Bekasi (Japodetabek), teknologi baru ini akan membantu TMC menjadi tuan rumah KTT ASEAN. Tujuan dari langkah ini adalah untuk mendukung,” kata Abdul seperti dikutip dari Antara, Senin (11/9).

READ  Listrik padam Di awal November, warganet menyalakan lampu

Saat KTT ASEAN, Abdul mengatakan kedua pesawat tersebut melakukan total 18 penerbangan dengan total semprotan air sebanyak 22.500 liter di langit Jakarta.

Operasi modifikasi cuaca kabut air di Jakarta ini akan dilakukan hingga 13 September 2023.

Tonton videonya”Inilah 5 Aplikasi Pengujian Kualitas Udara di Android-iOS
[Gambas:Video 20detik]
(kn/atas)