April 22, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Bisakah GPS bekerja di bulan?  Ilmuwan NASA menjawab!

Bisakah GPS bekerja di bulan? Ilmuwan NASA menjawab!

INDOZONE.ID – Jika astronot mencapai bulan, menurut program Artemis NASA, salah satu tujuan utama mereka adalah memotong es di kawah dekat kutub selatan bulan. Namun, mereka perlu menavigasi ke situs secara akurat.

Mereka sudah memiliki peralatan seperti pendarat, kendaraan bulan, rig pengeboran, dan kendaraan pengiriman. Namun, di orbit bulan atau di permukaan bulan yang sangat aneh, mereka perlu mengetahui posisinya secara real-time dan akurat.

Baca Juga: NASA Pamerkan Baju Astronot Baru, Siap Menjelajah Bulan Dengan Gaya!

Tentu saja, mereka membutuhkan GPS untuk ini. Namun, apakah GPS dapat bekerja dengan akurat di bulan?

Dikutip DapurZhang Jiaming dan Li Charles dari Jet Propulsion Laboratory NASA melakukan beberapa perhitungan matematis tentang kemungkinan ini.

Secara matematis dan teoritis, DARI, GPS akan bekerja secara akurat di bulan. Sinyal dari satelit navigasi global dekat Bumi dapat digunakan untuk menavigasi astronot di bulan, berjarak 385.000 kilometer.

NASA khawatir China akan cukup menguasai bulan untuk menghalangi AS mendarat di sana. (Foto: NASA)

Mereka memetakan orbit Sistem Penentuan Posisi Global AS dan satelit navigasi Galileo di Eropa dan GLONASS di Rusia, dengan total 81 satelit. Sebagian besar dari mereka memiliki antena pengarah yang mengarah ke permukaan bumi, tetapi sinyalnya juga memancar ke luar angkasa.

Para peneliti mengatakan sinyal tersebut cukup kuat untuk dibaca oleh pesawat ruang angkasa dengan penerima yang cukup kompak di dekat Bulan.

Baca Juga: Penampakan Beruang di Mars, Ini Penjelasan NASA!

Mereka menghitung bahwa pesawat ruang angkasa di orbit bulan dapat “melihat” sinyal dari 5 hingga 13 satelit pada waktu tertentu.

READ  Angkatan Luar Angkasa AS memperkenalkan EWS CubeSat canggih yang terpasang pada jet tempur

Pada jarak ini, akurasi posisinya sekitar 200 hingga 300 meter. Dalam simulasi komputer, mereka selalu menggunakan metode yang berbeda untuk meningkatkan akurasi. Ilmuwan NASA berharap untuk meluncurkan satelit ke orbit bulan sebagai suar penstabil.