Agustus 17, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Bukan ‘Kosong’, inilah arti sebenarnya dari huruf E pada panel bahan bakar mobil dan motor.

Jakarta

Panel indikator tangki bahan bakar pada sepeda motor dan mobil selalu memiliki huruf E dan F. Sementara ‘F’ menunjukkan tangki penuh, huruf ‘E’ tidak berarti tangki kosong atau kosong. Apa arti huruf E pada panel BPM?

Panel indikator isi tangki bahan bakar adalah fitur yang tampak sederhana, tetapi sangat penting bagi pengendara sepeda motor dan mobil. Dengan fitur ini, tidak perlu mengintip ke tangki bahan bakar untuk melihat apakah ada bensin di dalam kendaraan.

Seiring kemajuan teknologi, panel indikator bahan bakar tidak lagi menjadi jarum yang bergerak antara F dan E. Banyak kendaraan sekarang menggunakan panel indikator digital dimana huruf F dan E masih tercetak dengan posisi yang berlawanan.

Tapi tahukah Anda bahwa huruf E pada panel itu bukan berarti kosong atau kosong?

Huruf F pada panel indikator menunjukkan bahan bakar penuh. Namun, huruf E pada panel indikator isi tangki bahan bakar sebenarnya menunjukkan keadaan darurat atau emergency.

Pengukur bahan bakar pada mobil Foto: Getty Images/iStockphoto/j_cynicism

Jika jarum indikator sudah mengarah ke huruf E, sangat berbahaya untuk segera mengisi bahan bakar. Jangan tunda lagi, segera berhenti dan isi bahan bakar segera setelah Anda melihat pompa bensin. Seperti dikutip dari Totalenergies.

Meski begitu, saat indikator menunjuk ke huruf E, sebenarnya isi tangki bahan bakar tidak habis seluruhnya. Rata-rata, saat indikator E mulai berkedip, 10% dari total kapasitas bahan bakar maksimum masih tersedia.

Hal ini dilakukan pabrikan agar pengemudi tidak benar-benar boros bensin di tengah jalan, apalagi saat menempuh jarak jauh.

Jadi, daripada mendorong kendaraan karena kehabisan bensin, sebaiknya isi bensin mobil atau motor Anda sebelum indikator mendekati huruf E.

READ  Facebook ingin membuat Metaverse, apa itu? Semua halaman

Tonton videonya”Ketahui 6 ciri mobil yang mulai boros bensin
[Gambas:Video 20detik]
(DIN / RGR)