September 29, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Bus AKAP Bintang Timur Adiputro ‘Menyuntik’ Teknologi ADAS dan Blackbox

Jakarta

Ratusan bus yang diproduksi oleh sistem Atibutro dan Tendrem akan dilengkapi dengan teknologi canggih termasuk ADAS, blackbox, dan kamera parkir. Paket teknologi yang dikembangkan PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN) ini dapat mencegah pengemudi melakukan pelanggaran dan kesalahan saat bus berjalan.

TKDN telah menandatangani MoU dengan beberapa produsen karoseri, yaitu PT Athiputro Wirasehjati (Athiputro) dan PT Dentrem Sejahtera Karozeri (Dendrem).

Direktur Utama TKDN David Santoso menandatangani Nota Kesepahaman (Kerjasama) dengan Direktur Utama Tentrem Yohan Wahyudi dan Direktur Atibutro David Jethrokusumo di kantor pusat masing-masing di Malang. Isi MoU tersebut terkait kerjasama penggelaran perangkat IoT (TKDN Advanced Mobility atau TAM Fleet) di unit bus produksi Adiputro dan Dentrem Systems.

Advanced Driver Assistance System (ADAS), teknologi rearcam dan blackbox pada bus Atiputro produksi PT TKDN Foto: Dok. PT TKDN

“Kerjasama ini bertujuan untuk memasang 100 unit hardware IoT TAM Fleet di armada bus Adiputro, antara lain 30 unit bus AKAP PO Bintang Timur dan 50 unit armada milik sistem Tentrem. Sekali lagi, serta sistem teknologi terkini lainnya. Untuk mempromosikan transportasi yang aman ,” kata Direktur Utama TKDN David Santoso.

Alat IoT TAM Fleet digunakan untuk armada Adiputro yaitu MDVR, CCTV, Driver Safety Monitoring (DSM), Advanced Driver Assistance System (ADAS), Rearcam dan Blackbox. Teknologi IoT dan AI yang digunakan PT TKDN dalam perangkatnya seperti Driver Safety Monitoring (DSM) dapat memberikan analisis perilaku pengemudi untuk memantau perilaku mengemudi. Merokok atau tidur. Lebih canggihnya lagi, perangkat ADAS dikatakan mampu memberikan peringatan dini jika terjadi pemberangkatan lajur, melebihi batas kecepatan atau kemungkinan tabrakan secara langsung.

READ  Risiko longsor menanti di Sesi 2, investor harap berhati-hati

Direktur Atiputro, David Jethrokusumo mengatakan perusahaan akan terus berkomitmen untuk mengedepankan peningkatan kualitas, salah satunya dengan menghadirkan teknologi terkini di setiap unit bus yang mereka produksi.

Senada dengan itu, Yohan Wahyudi, Presiden Direktur Tentrem, mengatakan, “Memberikan pelayanan prima dengan menyediakan komponen berteknologi tinggi dan berkualitas tinggi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, yang merupakan tujuan utama kami.”

Tonton videonya”Seru! Adi Putro memulai uji coba bus monocoque di Kota Solo
[Gambas:Video 20detik]
(Kutipan/Administrasi)