Juni 16, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

CPU MediaTek Dimensity 6300 menghadirkan peningkatan, siap hadir pada seri Realme C terbaru

CPU MediaTek Dimensity 6300 menghadirkan peningkatan, siap hadir pada seri Realme C terbaru

Jakarta, Gismologi – Meningkatnya jumlah pilihan smartphone 5G yang terjangkau mendorong produsen chipset untuk terus menawarkan pilihan baru setiap tahunnya. Dalam waktu dekat, MediaTek siap menjadi bagian dari smartphone terjangkau dengan chip Dimensity 6300 yang menghadirkan peningkatan kinerja.

Seri Dimensiity banyak digunakan oleh vendor smartphone untuk menawarkan pilihan smartphone 5G cepat dengan performa terjangkau. Dengan beberapa teknologi eksklusif dan proses fabrikasi modern efisiensi dayanya berhasil mengejar pesaing utamanya, Qualcomm. Sementara untuk pilihan yang lebih terjangkau, ada juga chip seri Helio baru.

Kehadiran chip MediaTek Dimensity 6300 merupakan penerus seri Dimensity 6100+ yang diluncurkan pada Juli 2023, tak sampai setahun lagi. Keduanya masih memiliki banyak kesamaan, dan perbaikan yang dihasilkan bisa dikatakan kecil. Apa saja yang menarik dan relevan untuk dibenamkan pada smartphone Android rilisan 2024 ini?

Baca Juga: MediaTek Jadi Chip Paling Populer di Akhir 2023, Salip Apple & Qualcomm

Performa meningkat 10% dan sisanya tetap sama

Dimensi MediaTek 6300

Secara umum arsitektur CPU yang digunakan pada MediaTek Dimensity 6300 sama dengan generasi sebelumnya, yakni delapan core dengan dua cluster berbeda yakni dua core Cortex-A76 dan enam core Cortex-A55. Perbedaannya terletak pada kecepatan atau clock speed, dimana chip yang lebih tinggi beralih dari 2.2GHz ke 2.4GHz.

Dengan cara ini, performa Dimensity 6300 dikatakan meningkat hingga 10% pada keseluruhan CPU. Menggunakan proses fabrikasi 6nm dari TSMC, chip tersebut juga efisien. Untuk sektor GPU dibekali chip Mali-G57 MC2 yang diklaim menawarkan kemampuan grafis 10% lebih banyak.

Menariknya, MediaTek mengklaim kemampuan grafis Dimensity 6300 memiliki performa 50% lebih cepat, meski tidak secara spesifik menyebutkan chip lain apa yang dibandingkan. Selain performa CPU dan GPU, fitur lainnya kurang lebih sama.

READ  Tidak dapat menerima panggilan telepon iphone 12? Inilah yang dikatakan Apple

Misalnya saja dukungan jenis RAM LPDDR4x dan jenis penyimpanan hingga UFS 2.2—tentunya hal tersebut bergantung pada masing-masing vendor yang menawarkan kemampuan berbeda untuk segmen smartphone yang dibidik.

MediaTek Dimensity 6300 siap diluncurkan dalam waktu dekat

Dimensi MediaTek 6300Dimensi MediaTek 6300

Selain mengedepankan fitur performa, vendor smartphone juga bisa menawarkan smartphone 5G terjangkau dengan kemampuan gaming optimal, segudang keunggulan MediaTek Dimension 6300 pun tak kalah menarik. Dari segi fotografi, chip MediaTek terbaru ini mampu menghadirkan kualitas gambar yang sangat baik, termasuk dalam kondisi minim cahaya, berkat sensor ultra-high-end 108MP dengan teknologi Multi-Frame Noise Reduction (MFNR).

Smartphone yang menggunakan chip Dimensity 6300 mungkin memiliki kualitas layar terbaik di segmennya, dengan panel HDR AMOLED 10-bit dan kecepatan refresh maksimal hingga 120Hz. Dan kompatibilitas tambahan berarti tampilan layar tidak akan menyebabkan ketegangan mata.

Dari segi konektivitas, MediaTek Dimensity 6300 mendukung MediaTek 5G UltraSave 3.0+, sehingga jaringan 5G tidak mengonsumsi terlalu banyak daya meskipun diaktifkan terus-menerus. Akan ada smartphone dengan Dimensity 6300 dalam waktu dekat, yakni Realme C65 5G dikabarkan siap diluncurkan di India.