April 24, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Dua lubang hitam supermasif bermassa 28 miliar kali massa Matahari telah ditemukan

Dua lubang hitam supermasif bermassa 28 miliar kali massa Matahari telah ditemukan

Deskripsi dua lubang hitam supermasif.

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta — Dua lubang hitam Supermasif ditemukan di “galaksi fosil” yang terbentuk akibat tumbukan masif. Karena ukurannya yang sangat besar, mereka menolak untuk bertabrakan dan menyatu.

dilaporkan ruang angkasa, Selasa (5/3/2024), organisasi Lubang hitam supermasif Galaksi elips B2 terletak di 0402+379. Jika digabungkan, kedua lubang hitam tersebut memiliki massa 28 miliar kali massa Matahari.

Ini adalah biner lubang hitam paling masif yang pernah ada. Selain itu, komponen biner sistem ini adalah yang paling dekat dengan pasangan lubang hitam supermasif, yang berjarak 24 tahun cahaya.

Ini adalah satu-satunya biner lubang hitam supermasif yang diselesaikan secara cukup detail untuk melihat dua objek secara terpisah. Anehnya, meskipun kedekatan kedua objek tersebut menunjukkan bahwa keduanya bertabrakan dan menyatu, keduanya tampaknya telah terkunci dalam tarian orbit yang sama satu sama lain selama lebih dari tiga miliar tahun.

Tim menemukan biner dalam data yang dikumpulkan oleh teleskop Gemini North di Hawaii. Data tersebut berpendapat bahwa lubang hitam supermasif dicegah untuk bergabung karena massanya yang sangat besar.

Secara umum, galaksi dengan pasangan lubang hitam yang lebih ringan memiliki cukup bintang dan massa sehingga mereka bisa bergabung dengan cepat, kata anggota tim dan profesor fisika Universitas Stanford Roger Romani dalam sebuah pernyataan.

“Karena pasangan ini sangat berat, dibutuhkan banyak bintang dan gas untuk melakukan pekerjaan tersebut. “Tetapi biner tersebut menyelidiki pusat galaksi objek tersebut, sehingga berhenti,” kata Romani.

Massa kedua lubang hitam tersebut adalah…


READ  5 hewan buta warna, kasus nomor 4 mirip dengan manusia