April 25, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

7 Fakta Unik Kompleksitas Matematika

7 Fakta Unik Kompleksitas Matematika

Memuat…

Ada jumlah yang sangat besar di alam semesta. (Foto: Ilmuwan Baru)

Jakarta – Matematika menyimpan berbagai rumus dan hal-hal lain yang dianggap rumit tentang bilangan. Namun, ada banyak fakta unik di baliknya.

New Scientist yang diluncurkan Senin (4/3/2024), mengupas kebenaran unik di balik kompleksitas matematika di tengah kehidupan sehari-hari.

1. Metode ubin topi

Salah satu sudut dapur yang dikatakan terbaik di dunia adalah struktur arsitektur yang dikenal dengan sebutan “topi”. Sebutan ini melekat karena pola ubin menutupi seluruh permukaan.

Selama beberapa dekade, para ahli matematika bertanya-tanya apakah ada ubin yang bisa melakukan hal seperti itu. Roger Penrose menemukan sepasang ubin pada tahun 1970-an yang mengindikasikan kemungkinan dibuat. Namun belum ada yang bisa menemukan satu ubin pun yang menghasilkan efek yang sama saat disetel. Prinsip itu berubah tahun lalu ketika metode ubin topi ditemukan.

2. Pola unik jutaan orang

7 Fakta Unik Kompleksitas Matematika

Seseorang dianggap satu dalam sejuta atau 1 dalam 10^68. Disebut doppelgängion oleh ahli matematika Antonio Padilla, angka ini sulit diuraikan karena nilai satuannya adalah 100 juta triliun triliun triliun triliun triliun triliun nol dan sesuai dengan kemungkinan menemukan versi pasti manusia di tempat lain di alam semesta.

Jumlah yang begitu besar sangat sulit untuk dijelaskan sehingga diperlukan fisika kuantum untuk menghitungnya. Hanya sejumlah kecil keadaan kuantum yang dapat ditemukan di ruang angkasa berskala manusia. Diasumsikan bahwa menjumlahkan semua angka ini akan menghasilkan Doppelzion. Padilla juga menulis tentang empat angka menakjubkan.

3. Trik permainan labirin

7 Fakta Unik Kompleksitas Matematika

Ah Trik matematika Hal paling sederhana untuk keluar dari setiap labirin adalah dengan selalu berbelok ke kanan. Tidak peduli seberapa rumit labirinnya, berapa banyak liku-liku, dan jalan buntu yang ada, cara ini selalu berhasil.

4. Rangkaian angka yang berkesinambungan

Matematikawan baru-baru ini menemukan angka sembilan dalam deret ini dan terdapat rangkaian angka yang sangat sulit dihitung sehingga angka kesepuluh mungkin tidak dihitung. Angka-angka ini disebut angka Detkind dan ditemukan oleh ahli matematika Richard Detkind.

Ini menggambarkan jumlah cara yang mungkin dilakukan untuk menggabungkan serangkaian operasi matematika logis. Jika hanya ada sedikit elemen dalam himpunan, bilangan Dedekind yang bersesuaian relatif mudah dihitung, tetapi seiring dengan bertambahnya jumlah elemen, bilangan Dedekind bertambah pada “tingkat eksponensial ganda”. Angka kesembilan dalam rangkaian ini memiliki 42 digit dan membutuhkan waktu satu bulan perhitungan untuk menemukannya.

5. Pohon angka

Ada jumlah yang sangat besar di alam semesta. Istilah POHON(3) lahir dari permainan matematika sederhana. Permainan ini tentang membuat hutan pepohonan menggunakan berbagai kombinasi benih berdasarkan beberapa aturan sederhana.

Jika memiliki satu jenis benih, maka hutan terluas yang diperbolehkan hanya boleh memiliki satu pohon. Untuk dua jenis bibit, hutan besarnya adalah tiga pohon. Namun untuk ketiga jenis benih tersebut, di hutan terluas terdapat POHON (3) yang merupakan jumlah terbesar di alam semesta.

6. Bahasa alami

Ada sistem bilangan delapan dimensi yang disebut Octonian. Sistem ini digunakan oleh fisikawan untuk menggambarkan alam semesta secara matematis. Cara yang lebih baik untuk memahami aktonian adalah dengan mengambil akar kuadrat dari -1. Bilangan real tidak mempunyai bilangan hasil perhitungan tersebut atau termasuk bilangan hitung, pecahan, bilangan mirip pi, dan sebagainya. Jadi ahli matematika menambahkan satu lagi yang disebut i.

Jika digabungkan dengan bilangan real, maka diperoleh suatu sistem yang disebut bilangan campuran, yang mempunyai bagian nyata dan “bagian imajiner” seperti 3+7i. Dengan kata lain, ini adalah dua dimensi. Octonian muncul dengan terus membangun sistem hingga mencapai delapan dimensi. Cara ini tidak hanya lucu Permainan matematika – Ada alasan untuk percaya bahwa Octonian mungkin merupakan sistem bilangan yang diperlukan untuk memahami hukum alam.

READ  Fitur interval waktu 3D baru Google Earth menunjukkan seberapa banyak hal telah berubah

7. Angka penyelesaian lainnya

Matematikawan mencari solusi untuk soal tiga benda dan menemukan 12.000 solusi. Masalah tiga benda berkaitan dengan masalah astronomi klasik tentang bagaimana tiga benda dapat membentuk orbit yang stabil mengelilingi satu sama lain. Susunan seperti ini dijelaskan oleh hukum gerak Isaac Newton, namun kenyataannya sangat sulit untuk menemukan solusi yang dapat diterima. Pada tahun 2007, ahli matematika menemukan 1.223 solusi baru terhadap masalah tersebut, namun tahun lalu jumlahnya jauh lebih tinggi ketika sebuah tim menemukan lebih dari 12.000 solusi.

(MSF)