Agustus 16, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Neptunus dan Bumi.

Fakta Neptunus, planet badai besar

Senin, 1 Agustus 2022 – 11:15 WIB

Ilmu Viva – BENAR Neptunus Planet ini ditemukan pada tahun 1846, lebih dari 50 tahun setelah penemuan terakhir Uranus.

Neptunus ditemukan oleh ahli matematika Prancis Urbain Le Verrier dan astronom Jerman Johann Gottfried Galli, dan merupakan satu-satunya planet yang pertama kali ditemukan secara matematis dan kemudian hanya diamati di langit.

Dan bagaimana sebuah planet dapat diamati secara matematis? Perhitungan orbit Uranus, planet terakhir yang ditemukan pada saat itu, menunjukkan beberapa ketidakteraturan, dan berbagai ahli matematika menyarankan bahwa tarikan gravitasi planet-planet terdekat adalah penyebabnya.

Le Verrier adalah orang pertama yang memprediksi dengan tepat lokasi planet baru, dan meminta astronom Gallie untuk mengkonfirmasi perhitungannya dengan mencari planet di langit.

Meskipun Pluto ditemukan hampir 100 tahun kemudian, ia diyakini sebagai planet terakhir di tata surya kita dari penemuannya pada tahun 1930 hingga 2005, ketika International Astronomical Union mendefinisikan ulang istilah “planet” dan kehilangan status planetnya. Berikut adalah garis Fakta Neptunus Inilah yang perlu Anda ketahui dari fact.net:

Planet Uranus (kiri) dan Neptunus (kanan).

Planet Uranus (kiri) dan Neptunus (kanan).

Neptunus adalah planet terjauh di tata surya kita

READ  Benda-benda langit yang mengelilingi matahari, kecuali planet-planet, lengkap dengan deskripsinya