Juni 16, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Faktor yang membuat mobil bertransmisi manual FWD gagal

Faktor yang membuat mobil bertransmisi manual FWD gagal

Sukoharjo, KOMPAS.com – Pengemudi pemula seringkali merasa kesulitan mengendarai mobil bertransmisi manual di tanjakan. Pasalnya pengemudi harus piawai memainkan pedal gas dan kopling.

Sedangkan sistem penggerak roda mobil ada yang menggunakan roda depan (FWD), belakang (RWD), dan semua roda (AWD).

Muchis, pemilik bengkel spesialis Toyota-Mitsubishi Karachi Auto Service Sukoharjo, mengatakan tingkat kesulitan akan semakin meningkat. Panduan Seluler Ia menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD).

Baca juga: Mobil Manual Rawan Masalah Kopling, Kebanyakan Lewat Genangan Air

Gitazawa Model transmisi sekuensial Lexus RZ ini dilengkapi dengan pedal kopling

“Padahal bagi pengemudi yang paham, mudah dan saya gunakan setiap hari FWD Seluler Dengan transmisi manual normal, kapan Berhenti dan ambil jalan Aman, kata Machlis kepada Kompas.com, Senin (27/5/2024).

Machlis mengatakan, tantangan menggunakan mobil manual dengan sistem FWD lebih kompleks karena pengemudi juga harus memperhatikan traksi roda yang mudah tergelincir.

“Mobil dengan sistem FWD cenderung mudah tergelincir, jadi bermain-main dengan akselerator dan kopling saja tidak cukup bertenaga, tapi mempertimbangkan traksi dan seimbang,” kata Machlis.

Baca Juga: Peluang Hilang Traksi, Kenapa Innova Zenix Gunakan Sistem FWD?

Berbeda dengan mobil dengan sistem penggerak roda belakang, pengemudi bisa dikatakan fokus menghasilkan daya dorong yang optimal agar mobil lebih kuat menanjak karena roda penggerak di belakang memiliki traksi yang lebih baik.

Sedangkan pada mobil FWD, pengemudi harus segera mengurangi tenaga ketika roda depan mulai berdecit atau selip, dan jika terus berlanjut maka mobil akan kehilangan traksi karena mobil tidak mampu menanjak, kata Machlis. .

READ  Honda Supra GTR memperkenalkan varian sporty dengan fitur mewah

Oleh karena itu, mengoperasikan mobil manual dengan sistem FWD memerlukan kemampuan berkendara yang handal, jika tidak maka potensi kegagalan pendakian akan tinggi.


mendengarkan berita penting Dan Berita khusus Kami ada di telepon Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses pesan saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.