April 21, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Fosil dinosaurus di Argentina termasuk dalam keluarga dinosaurus tertua

KOMPAS.com- Ilmuwan telah menemukan Fosil dinosaurus dari Argentina, Yaitu keluarga Titanosaurus Primitif. Hewan darat terbesar dalam sejarah bumi.

Dikutip dari ReutersPada Rabu (3/3/2021), sebuah fosil ditemukan di kawasan hutan Patagonia di negara itu.

Fosil, menurut peneliti, mengacu pada spesies dinosaurus bernama Ninjatian Sabadai Itu hidup 140 juta tahun yang lalu selama periode Cretaceous atau periode Cretaceous.

Para ilmuwan telah mengidentifikasi ninja tersebut Titanosaurus, Sekelompok dinosaurus pemakan tumbuhan berleher panjang yang berjalan dengan kaki empat.

Sayangnya, sisa-sisa tulang yang ditemukan di selatan kota Neuquen tidak lengkap.

Baca juga: Fosil dinosaurus di Argentina menjadi makhluk terbesar yang pernah terlihat di Bumi

Namun, para ilmuwan mengatakan ninjatian menunjukkan bahwa mereka adalah anggota keluarga Titanosaurus sebagai kelompok pertama yang muncul lebih lama dari yang diketahui sebelumnya.

“Ini (fosil dinosaurus) adalah catatan tertua yang diketahui tidak hanya di Argentina tetapi di seluruh dunia,” kata Pablo Gallina, seorang peneliti di Dewan Nasional untuk Riset Ilmiah dan Teknologi (GONICET) di Argentina.

Titanothorax telah terekam di berbagai belahan dunia. Namun, catatan tertua spesies ini lebih modern daripada penemuan saat ini.

Fosil Titanosaurus yang ditemukan di Argentina adalah dinosaurus tumbuhan raksasa dengan panjang 65 kaki atau sekitar 20 meter.

Baca juga: Para peneliti menemukan fosil dinosaurus berumur panjang di Bumi

Shutterstock / David Roland Deskripsi Titanosaurus, dinosaurus terbesar yang pernah hidup. Sekelompok robot, dinosaurus pemakan tumbuhan.

Namun, spesies ini jauh lebih kecil dari keluarga Titanosaurus lainnya, yaitu Argentinosorus Panjang tubuhnya bisa mencapai 115 kaki atau 35 meter.

Peneliti juga mengatakan bahwa keberadaan awal titanosaurus di Patagonia mendukung dugaan bahwa titanosis ini muncul di belahan bumi selatan.

READ  Hasil pemilihan Dianulir Myanmar membatalkan kemenangan Suu Kyi

Perhatikan, dinosaurus adalah bagian dari kelompok yang lebih besar yang disebut dinosaurus sauropoda.dll.

Robot-robot ini termasuk Prontosaurus dan Diplodocus, yang hidup di Amerika Utara selama periode Jurassic, sebelum Zaman Kapur.

Baca juga: Ini adalah fosil dinosaurus pertama yang hidup di air

Menurut peneliti, banyak titanosaurus yang menghuni Patagonia mencapai proporsi yang sangat besar, seperti Argentinosaurus, Patacoton, dan Tretnotus.

Peneliti CONICET lainnya, Jose Luis Corpatillo, mengatakan kepada publikasi universitas lokal di sini bahwa usia tulang fosil ninja dapat mengarah pada asumsi bahwa mereka termasuk dalam kelompok dinosaurus yang sudah seusia titanosaurus.

“Di Patagonia, dinosaurus (dinosaurus) baru diketahui 120 juta tahun lalu,” kata Carpadillo.

Penemuan fosil dinosaurus Ini telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah oleh para ilmuwan di Argentina dari keluarga Titanosaurus kuno Amazonia.

Baca juga: Pakar yang kecewa Leonardo DiCaprio ingin membeli fosil dinosaurus