Agustus 11, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Foto: Haiti hancur oleh gempa kuat 7,2 m, menewaskan semua 304

Les Case, KOMPAS.comgempa Haiti Sedikitnya 304 orang tewas dan lebih dari 1.800 luka-luka pada Sabtu pagi (14/8/2021) dengan kekuatan 7,2 SR.

Gempa yang melanda Haiti barat daya itu terjadi pada pukul 08.29 waktu setempat.

Kejutan yang kuat gempa Haiti 2021 terasa di seluruh Karibia, dan mengingatkan pada kenangan menyakitkan dari gempa bumi dahsyat 2010 yang menewaskan lebih dari 200.000 orang.

Baca juga: Gempa kuat M72 mengguncang Haiti, menewaskan sedikitnya 227 orang

Menurut Survei Geologi AS (USGS), pusat Gempa Haiti 14 Agustus 2021 Terletak sekitar 12 km dari kota St Louis ke Sut.

Guncangan itu terasa hingga ibu kota Port-au-Prince, 125 km jauhnya, dan tetangga Haiti.

Informasi, inspirasi dan Intelijen Dari Surel Anda.
Registrasi Surel

Foto AB / Joseph Odellin Sabtu (14/8/2021) Orang-orang berjalan di depan rumah-rumah yang hancur akibat gempa Haiti di Les Cas. Survei Geologi AS (USGS) mengatakan gempa berkekuatan 7,2 itu berpusat di 125 kilometer barat ibu kota Port-au-Prince.

“Banyak rumah hancur, banyak yang meninggal dan lainnya dirawat di rumah sakit,” kata Cristella, yang tinggal di dekat pusat itu, kepada kantor berita Saint Hilare. AFP.

Gempa berkekuatan 5,8 skala richter juga dilaporkan.

Gempa di Haiti hari ini Penghancuran gereja, hotel dan rumah dalam tragedi baru-baru ini yang melanda negara Karibia.

Axeline Morensi (tengah) menangis kencang saat jenazah putrinya Esther Daniel (7) ditarik keluar dari reruntuhan rumahnya di Les Case, Haiti, yang ambruk pada Sabtu (14/8/2021).  Survei Geologi AS (USGS) mengatakan gempa berkekuatan 7,2 itu berpusat di 125 kilometer barat ibu kota Port-au-Prince.Foto AB / Joseph Odellin Axeline Morensi (tengah) menangis kencang saat jenazah putrinya Esther Daniel (7) ditarik keluar dari reruntuhan rumahnya di Les Case, Haiti, yang ambruk pada Sabtu (14/8/2021). Pusat gempa dilaporkan berkekuatan 7,2 magnitudo 125 kilometer barat ibukota, Port-au-Prince, menurut Survei Geologi AS (USGS).

Perdana Menteri Ariel Henry menyatakan keadaan darurat selama sebulan

READ  Sepuluh tahun setelah gempa dan tsunami Jepang 2011, warga masih terguncang

Tingkat kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi di Haiti belum diketahui, tetapi Henry, yang memimpin negara itu setelah pembunuhan Presiden Juanel Mois baru-baru ini, mengatakan beberapa daerah telah mengalami kerusakan besar.

Baca juga: Pembaruan: Gempa Haiti 7,2 magnitudo, korban tewas naik menjadi 304

Foto-foto menunjukkan bahwa bagian barat daya pulau dekat pusat gempa rusak parah.

Warga mencari korban selamat dari rumah yang hancur akibat gempa Haiti di Les Cas, Sabtu (14/8/2021).  Survei Geologi AS (USGS) mengatakan gempa berkekuatan M 7,2 itu berpusat sekitar 125 kilometer sebelah barat ibu kota Port-au-Prince.Foto AB / Joseph Odellin Warga mencari korban selamat dari rumah yang hancur akibat gempa Haiti di Les Cas, Sabtu (14/8/2021). Survei Geologi AS (USGS) mengatakan gempa berkekuatan M 7,2 itu berpusat sekitar 125 kilometer sebelah barat ibu kota Port-au-Prince.

Penduduk yang terkejut berhamburan di jalan-jalan, dan bangunan serta kendaraan dihancurkan di kota Les Cas dan Jeremy.

Foto menara abad ke-19 St. Louis King di Katedral Prancis di kota Jeremy runtuh.

Pada Sabtu, 14 Agustus 2021, gempa bumi di Les Cays, Haiti, merusak bagian belakang kediaman seorang uskup Katolik. Foto AP / Gen DELOT Pada Sabtu, 14 Agustus 2021, gempa bumi di Les Cays, Haiti, merusak bagian belakang kediaman seorang uskup Katolik.

Akim Kikonda, perwakilan dari Catholic Relief Services di Haiti, mengatakan tidak seperti itu. Gempa Haiti 2010, Sebagian besar Port-au-Prince sekarang tampaknya telah selamat dari bencana.

Namun demikian, situasi di barat daya jauh lebih buruk.

Foto udara menunjukkan Hotel Le Mongoose hancur akibat gempa Haiti di Les Cas, Sabtu (14/8/2021).  Survei Geologi AS (USGS) mengatakan gempa berkekuatan 7,2 itu berpusat di 125 kilometer barat ibu kota Port-au-Prince.Foto AB / Ralph Teddy Erol Foto udara menunjukkan Hotel Le Mongoose hancur akibat gempa Haiti di Les Cas, Sabtu (14/8/2021). Survei Geologi AS (USGS) mengatakan gempa berkekuatan 7,2 itu berpusat di 125 kilometer barat ibu kota Port-au-Prince.

“Saya mendengar banyak rumah dan beberapa bangunan umum rusak parah. Beberapa di antaranya benar-benar runtuh, meninggalkan orang-orang di luar dan kehilangan tempat tinggal,” kata Kikonda.

Poseidon Edmund, duta besar Haiti untuk Amerika Serikat, adalah salah satu dari mereka yang membandingkan gempa Haiti baru-baru ini dengan gempa 7,0 11 tahun lalu.

“Emosi 12 Januari 2010 mulai menghantui kita. Bencana alam terus melanda #Haiti,” tulisnya di Twitter.

Baca juga: Gempa mematikan di Haiti, seberapa parah kerusakannya?