Februari 6, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Ganti kereta tiga kali untuk mencapai kota Bandung

Jakarta

Rencana besar KA Ekspres Jakarta-Bandung (KCJB) ditargetkan beroperasi pada Juni 2023. Dalam waktu relatif singkat, waktu tempuh Jakarta-Bandung disebut sekitar 30-45 menit.

Waktu tempuh Jakarta-Bandung menggunakan kereta ekspres jauh lebih singkat dibandingkan KA Argo Barahyangan yang sempat mengalami kendala terhentinya operasional akibat beroperasinya kereta ekspres.

Jika menggunakan KA Arco Barahyangan, waktu tempuh dari Jakarta ke Bandung sekitar 2,5 jam. Ini berarti waktunya bisa dikurangi 2 jam karena ada kereta yang lebih cepat.

“KCJB akan menawarkan keunggulan, salah satunya adalah waktu tempuh yang singkat yang hanya dibutuhkan penumpang hanya 36 hingga 45 menit, dibandingkan 2,5 jam untuk mencapai tujuan,” kata Menteri Perhubungan Budi Kariya Sumathi di awal produksi. & Delivery Closing Ceremony KRL Jakarta Bandung Rapid Rail Project, Jumat (5/8/2022) lalu.

Namun menggunakan kecepatan waktu tempuh KA Ekspres Jakarta-Bandung Bukan melayani penumpang ke Kota Bandung, melainkan ke Thegallur, Kabupaten Bandung. Untuk menuju Bandung, penumpang KA ekspres harus turun di Stasiun Padalarang dan menyambung ke KA pengumpan.

Jika Anda pergi ke stasiun KCJB di Halim, Jakarta Timur, Anda bisa naik LRT Jabodebek yang tujuannya hampir sama jika Anda jauh dari kota Jakarta. Masyarakat bisa naik LRT Jabotebek, 20 menit perjalanan dari Stasiun Dukuh Atas ke Halim, 8 menit perjalanan saat jam sibuk.

“Masyarakat dapat menggunakan KRL Commuterline menuju stasiun yang terhubung dengan LRT Jabotebek yaitu stasiun Sudirman dan Kawang, kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan LRT menuju stasiun KCJB Halim,” ujar VP Humas KAI Joni Martinez.

Perjalanan dari Halim ke Patalarang memakan waktu kurang dari 30 menit menggunakan KCJB. Selain itu, penumpang KCJB berpindah ke kereta pengumpan yang jadwalnya disesuaikan dengan kedatangan KCJB di Stasiun Bandung dengan waktu tempuh 18 menit.

READ  Dapatkan aksesoris resmi langsung dari Toyota Galya baru yang baru diluncurkan, dijamin tampil gaya
KA KRL Jakarta-Bandung Ekspres Foto: Dok. KCIC

Jika pelanggan melakukan perjalanan dari Stasiun Dukuh Atas ke Bandung, total waktu tempuh adalah satu jam 20 menit. Namun, jika Anda berangkat langsung dari Halim menggunakan kereta ekspres hanya membutuhkan waktu satu jam.

KA Feeder berupa lima jaringan KRDE dengan masing-masing jaringan terdiri dari lima mobil. Dalam satu jaringan, KA Feeder KCJB memiliki 280 pelanggan.

Oleh karena itu, untuk pergi dari pusat Jakarta ke kota Bandung, harus berganti kereta sebanyak tiga kali, dimulai dari LRT Japotebek. KA Ekspres Jakarta-Bandungdan K.A. dari Patalarang.

Foto udara kereta Light Rail Transit (LRT) yang diparkir di jalur Bangkoran, Jakarta, Rabu (12/1/2022).  Progres pembangunan Transit Lintas Rel Kereta Api atau LRT Terpadu yang melewati Jakarta - Pokor - Tebok - Bekasi (Japotebek) sudah mencapai 88,60 persen dan saat ini memasuki tahap uji coba (uji operasional) Bangkoran - Dukuh Atas.  Antara Foto/Kalih Pradeepta/Folk.Foto udara kereta Light Rail Transit (LRT) yang diparkir di jalur Bangkoran, Jakarta, Rabu (12/1/2022). Progres pembangunan Transit Lintas Rel Kereta Api atau LRT Terpadu yang melewati Jakarta – Pokor – Tebok – Bekasi (Japotebek) sudah mencapai 88,60 persen dan saat ini memasuki tahap uji coba (uji operasional) Bangkoran – Dukuh Atas. Antara Foto/Kalih Pradeepta/Folk. Foto: Di antara foto

Tonton juga videonya: Luhut: Progres Kereta Cepat Jakarta-Bandung Capai 80,40%

[Gambas:Video 20detik]

(mereka)