April 25, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Honda membuat airbag untuk pengendara sepeda motor, canggih sekali

Honda membuat airbag untuk pengendara sepeda motor, canggih sekali

Jakarta, KOMPAS.com – Pabrikan sepeda motor Jepang Honda Bekerja keras kantong udara Untuk pengemudi. Kali ini dilakukan gambar paten detail mengenai peralatan keselamatan.

Dikutip dunia sepeda, Honda sedang mengembangkan teknologi airbag sepeda motor. Tujuannya untuk mengurangi risiko cedera secara drastis tanpa mengubah kebiasaan pengemudi saat terjadi kecelakaan.

Saat ini sudah banyak jaket motor yang dilengkapi airbag. Namun yang diciptakan Honda berbeda, konsepnya seperti mobil sehingga dipasang di sepeda motor, khusus tangki bagian belakang.

Baca juga: Airbag Tanpa Sabuk Pengaman Juga Bohong

Dunia sepeda Desain Paten Airbag Honda

Sebelumnya Honda memasang airbag pada mobil model Gold Wing 2007, namun airbag tersebut hanya efektif digunakan pada Gold Wing dan tidak bisa digunakan pada sepeda motor lain.

Sedangkan model yang dikembangkan Honda saat ini menempel pada tangki, namun dapat menutupi pengendara saat keluar dari motor. Pada gambar paten ini telah dikembangkan lebih detail sehingga nantinya dapat diproduksi di kemudian hari.

Bedanya dengan airbag biasa terletak pada bentuknya yang menyerupai huruf W. Bagian luarnya memanjang hingga pangkal lengan dan melindungi bagian dada, sehingga seperti jaket keselamatan atau jaket pelampung.

Baca Juga: Jokowi bawa oleh-oleh hasil pengembangan EV bersama dari Australia

Kemudian, setelah melindungi tubuh pengendara, airbag terus dipompa dan dipisahkan dari sepeda motor. Hal ini berbeda dengan kantung udara pada mobil, yang langsung mengempis saat mengembang saat terjadi tabrakan.

Padahal, masih berupa gambar paten, perlu dipikirkan desain yang sederhana agar mudah diaplikasikan. Selain itu soal performa, harusnya bisa diandalkan meski sudah bertahun-tahun menggunakan motor tersebut dan tidak pernah mengalami kecelakaan.

READ  Untuk menghindari transmisi cepat putus, mobil matic tidak menggunakan teknik kick-down saat mendaki, yang merupakan cara yang tepat untuk melakukannya.

Perlu dipahami bahwa ini masih merupakan paten teknis. Sehingga sulit diprediksi kapan teknologi seperti itu akan muncul pada sepeda motor produksi massal.

Jika benar demikian, maka tentunya teknologi ini sejalan dengan tujuan Honda yang lebih besar, yaitu menghilangkan korban jiwa pada kecelakaan sepeda motor atau mobil. Jadi mari kita tunggu dan lihat bagaimana performa perlengkapan keselamatan Honda.


Dapatkan pembaruan Berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Dengan mengklik link tersebut, kita akan bergabung dengan grup Telegram “Update Berita Kompas.com”. https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.