Februari 5, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Jenis karburator sepeda motor

Jenis karburator sepeda motor berdasarkan bentuk venturi dan katup gas

Deskripsi jenis karburator sepeda motor. Foto: Ist / Net

Jenis karburator motor berbeda-beda tergantung dari bentuk venturi dan klep gas. Karburator merupakan komponen penting pada kendaraan bermotor yang masih menggunakan konsep bahan bakar konvensional.

Saat ini karburator mulai mengalami perubahan dengan konsep yang terus berkembang, salah satunya adalah sistem injeksi bahan bakar. Jika masih membandingkannya dengan sepeda motor yang menggunakan karburator, sebenarnya sepeda motor injeksi cukup irit. Apalagi dalam hal konsumsi bahan bakar.

Secara umum fungsi karburator adalah untuk mengatur campuran udara dan bahan bakar serta untuk mengontrol tinggi dan rendahnya rpm mesin. Komponen dalam karburator adalah katup gas yang dihubungkan ke pegangannya melalui media kabel. Hal ini memungkinkan katup gas (SKEP) ditarik agar mesin dapat menyesuaikan dengan sirkulasi gas RPM.

Banyak jenis karburator sepeda motor di roda dua

Semua komponen dalam sepeda motor memainkan peran penting yang sama tanpa terkecuali. Ini karena semua komponen bekerja sama untuk menggerakkan mesin. Dalam hal ini karburator memiliki fungsi yang penting terutama pada saat pembakaran bahan bakar minyak atau ppm.

Baca Juga : Penyebab Karburator Motor Nembak, Suara Keluar dari Knalpot

Karburator merupakan komponen yang menggabungkan bahan bakar dan udara pada kecepatan tertentu sehingga berubah menjadi kabut gas atau bensin. Sehingga bensin menjadi lebih mudah terbakar dan kemudian menjadi energi.

Jumlah kabut bensin tergantung pada bukaan selongsong gas penggerak. Berbicara tentang karburator, ada beberapa jenis karburator sepeda motor yang perlu Anda ketahui:

Jenis karburator berdasarkan bentuk venturi

Bergantung pada bentuk ventilasi, sepeda motor memiliki tiga jenis karburator, yaitu:

Karburator geser konversi atau venturi variabel / venturi karburator

Ini adalah karburator dengan venturi sewenang-wenang sehingga menempatkan katup throttle di venturi dan dioperasikan langsung oleh kabel gas. Untuk itu, bagaimana memvariasikan diameter venturi sesuai aliran campuran bahan bakar-udara di karburator.

READ  Penyebab kenaikan suhu mobil dan bagaimana mengantisipasinya

Karburator Venturi Tetap / Fixed Venture

Diameter venturi tidak dapat diubah dalam jenis korporatisasi ini. Jumlah aliran udara tergantung pada perubahan katup di katup gas atau throttle.

Baca Juga : Cara Menyetel Karburator Motor dengan Benar

Biasanya ada jet pilot untuk kecepatan konstan. Sistem kecepatan primer sekunder beroperasi untuk menyelesaikan proses pencampuran bahan bakar-udara pada setiap kecepatan.

Dalam pengiriman bahan bakar, karburator motor jenis ini hanya melalui jet kontrol injeksi. Ini karena bentuk jarumnya memiliki desain yang lebih sempit. Dengan begitu, bisa mengurangi jumlah saluran tambahan di jet (spoiler) dan karburator venturi standar.

Karburator kecepatan tetap / karburator kecepatan tetap

Karburator sepeda motor jenis ini merupakan gabungan dari kedua karburator diatas. Karburator jenis ini memiliki nama lain yaitu karburator vakum.

Baca Juga : Cara Membersihkan Throttle Body Motor dengan Aman

Katup di venturi bertindak untuk mengubah diameter venturi dengan pergerakan piston. Gerakan dada ini dengan tekanan negatif di venturi.

Jenis karburator berdasarkan bentuk klep gas / scape

Ada beberapa jenis karburator tergantung dari bentuk gas atau scape, detailnya disini:

Korporator PE

Karburator motor jenis ini cocok untuk yang suka dengan kecepatan tinggi. Karburator PE cocok untuk moped 105cc-125cc dan balap traksi. Selain itu karburator jenis ini mempunyai beberapa ukuran seperti PE 24, PE 28 dan PE 38 dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Ukuran scape berkisar antara 20-38 mm.
  • Pengaturan standar warna kuning (NSR SP) dan hitam (Sudco)
  • Scape bundar berlapis krom
  • Efisiensi bahan bakar
  • Tarik dari atas ke bawah dengan kinerja yang baik

PJ Corporator

Karburator motor jenis ini memiliki klep atau klep oval yang dilapisi krom. Jika dibandingkan dengan konsep melingkar, konsep oval memiliki jalur kabut yang lebih cepat. Pada umumnya karburator PJ diperuntukkan bagi sepeda motor 2 tak yang ditandai dengan konsumsi bahan bakar yang sangat tinggi.

READ  Consuana megalodis, seekor hyena aneh yang berasal dari China 15 juta tahun yang lalu

Korporator P.W.L.

Merupakan jenis karburator sepeda motor dengan performa putaran bawah yang baik, namun bagian atasnya sering kehilangan nafas dan ventilasi menyusut.

Korporator D.M.

Dengan bentuk kotak, karburator motor jenis ini memiliki performa yang lebih baik dari pada yang berbentuk bulat. Karena udara yang masuk lembut dan kencang.

Korporator DMX

Konsep karburator motor tipe DMX setengah lingkaran. Karburator DMX memiliki keunggulan akselerasi dan power band bahkan di semua RPM. (R10 / HR-Online)

Penulis: Adi Corianto