Februari 7, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Jumlah korban hingga status saat ini

Jakarta

Tanah longsor di Prince Rock Kejadiannya Sabtu sore kemarin. Dalam insiden ini, sebuah batu besar hancur dan banyak orang terluka.

Berikut beberapa hal yang diketahui terkait kejadian longsor di Cadas Pangeran, seperti dilansir detikJabar.

Longsor yang membawa material dalam jumlah besar terjadi di Jalan Raya Bandung-Cirebon, tepatnya di Prince Rock, Desa Siherong, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Peristiwa longsor di Gadas Bangeron terjadi pada Sabtu (29/10/2022) siang.

Tanah longsor membawa batu dari batu

Tantim 0610 Sumedang Letkol. Inf. Hendricks Fahlevi Rangudi mengungkapkan, longsor sekitar pukul 15.30 WIB di Gadas Bangeran membawa bebatuan dari tebing setinggi 50 meter.

“Longsor membawa batu dari tebing setinggi sekitar 50 meter,” kata Hendricks kepada detikJabar di lokasi kejadian.

Longsor di Gadas Pangaran: Jumlah Korban Hingga Saat Ini | Foto: Noor Aziz/Tedic Zafar

Penyebab tanah longsor di Prince Rock

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sumetang, Atang, mengatakan longsor di Gadas Bangeran disebabkan tanah mencapai titik jenuh, atau resapan air mencapai impermeabilitas.

“Saat tanah jenuh, resapan air sudah mencapai tahap kedap air, dan saat mencapai tahap itu, lapisan tanah mudah berubah,” katanya.

Data korban longsor di Cadas Pangeran

Akibatnya, 10 orang tewas. Korbannya adalah 6 penumpang mobil Honda Freed, warga Kota Andabani 4 No 11, Kelurahan Andabani Tengah, Kecamatan Andabani, Kota Bandung. dan 4 penumpang Toyota Fortuner yang berdomisili di Desa Timbang Reja RT 04/03, Kecamatan Lebak Siu, Kabupaten Tegal.

Adapun identitas 6 penumpang mobil Honda Freed tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Sherril (8)
  2. Fatar (5) Salam
  3. Kimmy (1) aman
  4. Cindy (31) terluka parah
  5. Netha (20) terluka parah
  6. Rizal (33) luka ringan
READ  Jalur Utama Ponorogo-Pacitan Tak Bisa Dilalui Kendaraan Akibat Longsor

Seluruh korban longsor di Gadas Bangeron telah dibawa ke RSUD Sumethang.

“Dua orang mengalami luka berat akibat dislokasi pada kaki dan tangan,” kata Ketua Umum PPPD Sumedang Adang Sudarno dalam rilisnya.

4 data korban penumpang di Toyota Fortuner:

  1. Muhammad Mazroori (74) cedera sedang
  2. Mapriatun (70) selamat
  3. Selamat Tanu Noor Juliando (28).
  4. Sidi Nurkaliza (25) mengalami luka ringan

Kerentanan Tanah Longsor: Lalu Lintas Terbuka Tertutup

Dampak longsor di Gadas Bangeron, arus lalu lintas dari Bandung menuju Sumedang atau sebaliknya menggunakan sistem buka-tutup di kawasan tersebut. Sebuah tim gabungan terlihat berusaha menyingkirkan batu-batu besar yang menutupi sebagian jalan.

Kapolsek Sumedang AKPP Indira Setiawan mengatakan, beberapa ruas jalan masih tertutup batu besar. “Saat ini kami masih menggunakan buka tutup kendaraan di lokasi itu,” kata Indran di lokasi kejadian.

Kondisi saat ini di area Prince Rock

Humas BPBD Jabar Andrie Setiawan mengatakan, bongkahan batu besar yang sebelumnya menghalangi jalan tersebut kini sudah dipindahkan. “Kalau saya lihat di tempat itu, batu-batu besar itu jelas. Hanya saja masih dalam pengamanan polisi,” kata Andrey kepada detikJabar melalui pesan singkat, Minggu (30/10).

Andrey masuk di tempat Tanah longsor di Prince Rock Rambu peringatan dan rambu lalu lintas sudah terpasang. “Di sana sudah dipasang papan di atas perlintasan,” imbuhnya.

Andrey juga mengimbau pengendara yang sering melewati jalan rawan longsor dan bencana lainnya untuk berhati-hati. Pengendara diimbau untuk selalu waspada dan berhati-hati,” ujarnya.

Lihat juga ‘1000 Jiwa Terisolasi Terkena Longsor di Desa Bandar Pancharnegara’:

[Gambas:Video 20detik]

(wia/id)