Juli 4, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Teleskop Luar Angkasa Hubble telah menemukan sesuatu yang 'aneh' di alam semesta

Kenali Polaris, bintang utara yang selalu berdiri di langit

Polaris menempati peringkat ke-50 sebagai bintang paling terang.

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta – Polaris dikenal sebagai Bintang Utara. Polaris selalu tak tergoyahkan di langit. Bagaimana itu terjadi? Jika ini sebabnya Polaris Terletak sangat dekat dengan Kutub Utara, mengelilingi seluruh Langit Utara.

Polaris bukanlah bintang paling terang di langit malam. Bintang ini menempati peringkat ke-50 sebagai bintang paling terang. Namun, polaris mudah dideteksi. Polaris bersinar di langit utara setiap malam dari tempatnya di Belahan Bumi Utara.

Dilaporkan dari langit bumi, Polaris adalah galaksi utara. Tangan kanan lurus ke timur dan tangan kiri ke barat dengan tangan terentang ke samping. Jika Anda kembali dari Polaris, Anda akan langsung menuju ke selatan. Polaris populer karena berbagai alasan. Salah satu alasannya adalah bintang itu jarang bergerak karena bintang lain mengorbitnya.


Sejarah Polaris

Polaris tidak selalu Bintang Utara, tidak selalu Bintang Utara. Ketika orang Mesir membangun piramida, Bintang Utara adalah bintang populer di konstelasi Draco the Dragon yang dikenal sebagai Dupan.

Polaris kita saat ini bintang Utara Ini bagus karena merupakan bintang paling terang ke-50 di langit. Ketika orang Eropa pertama kali melakukan perjalanan melintasi Atlantik hampir lima abad yang lalu, Polaris berfungsi sebagai pemandu ke utara.

Bintang utara Polaris akan bertahan selama seribu tahun ke depan. Pada 24 Maret 2100, Polaris akan menjadi objek terdekat dengan Kutub Utara langit, titik di langit tepat di atas sumbu utara Bumi.


Polaris adalah gugus bintang tiga

Polaris adalah sistem bintang tiga atau tiga bintang yang mengorbit pada pusat massa yang sama. Polaris A, bintang pusat, adalah supergiant enam kali massa Matahari kita. Polaris Ab adalah mitra dekat, dengan Polaris berputar 2 miliar mil.

READ  Sinyal radio terdeteksi di atmosfer Venus

Karena sangat dekat dengan Polaris, orang tidak dapat melihat sekilas bintang ini. Bintang ketiga, Polaris B, masih jauh.

Polaris adalah bintang kematian yang bervariasi antara 1,86 dan 2,13 setiap empat hari. Varians ini telah menurun dari sepuluh persen menjadi dua persen dalam beberapa dekade terakhir dan kemudian meningkat menjadi empat persen.