Mei 14, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Ketakutan! Foto puding besar muncul di Waduk Gajah Munger

Vonogiri

Fenomena angin Badai Muncul di Waduk Gaja Mungur (WGM) Vonogiri, Jawa Tengah, siang ini. Badai itu tampaknya sangat besar dan berdurasi lama.

“Badai Vonogri WGM muncul di atas. Besarannya sangat besar dan akan berputar sekitar 10-15 menit,” kata Ketua PPPT Vonogri Pambang Hariando. detikcom Melalui telepon, Rabu (20/1/2021).

Pambang mengatakan, badai terpantau pukul 16.00 WIB. Angin pertama kali terlihat di badan air di sekitar Desa Sentang di Kabupaten Wonogiri. Lalu pindah dari barat ke selatan.

“Ini pertama kali muncul di sekitar desa Sentang,” jelasnya.

Badai menerjang pada Rabu (20/1/2021) di Waduk Gaja Mungur, Vonogiri, Jawa Tengah. Foto: Tangkapan layar dari video viral (unggulan)

Setelah bergerak ke selatan, angin menghilang. Badai hanya muncul di atas air dan tidak sampai ke daratan, apalagi kawasan pemukiman.

“Itu muncul di atas air dan kami bersikeras itu belum mencapai tanah,” katanya.

Menurut dia, tidak ada kerusakan akibat peristiwa badai tersebut. Itu terjadi di atas air waduk. Ini membuat khawatir penduduk setempat dan nelayan.

“Kondisi area waduk saat ini curah hujan tinggi. Sedangkan untuk kejadian badai akan muncul di atas waduk setiap tahun,” kata Pampang.

Secara terpisah, Kepala Desa (Gerbang) Sentang, Sukamdo, mengatakan, badai muncul pada pukul 16.00 WIB. Angin terlihat besar dan panjang.

Badai menerjang pada Rabu (20/1/2021) di Waduk Gaja Mungur, Vonogiri, Jawa Tengah.Badai menerjang pada Rabu (20/1/2021) di Waduk Gaja Mungur, Vonogiri, Jawa Tengah. Foto: Tangkapan layar dari video viral (unggulan)

“Besaran anginnya sangat besar dan durasinya sangat lama, ya puluhan menit. Alhamdulillah turun hujan lalu anginnya hilang, sehingga tidak sampai ke permukiman, hanya di atas air,” kata Sukamto kepada wartawan melalui telepon.

READ  Cara menggunakan Air Drop di iPhone, iPad, dan Mac

Ernie, sementara itu, salah satu warga Desa Sentang mengaku khawatir jika angin topan menghampiri pemukiman tersebut. Bencana sering terjadi, terutama di banyak daerah sekarang.

“Untungnya, angin akan berlalu dengan cepat,” kata Ernie.

(rih / sip)