Januari 25, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Ketakutan! IHSG Naik Hampir 25%, Mau 6.200?

Jakarta, CNBC Indonesia – Indeks Campuran Jakarta (IHSG) naik 1,8% menjadi 6.118.408 pada Rabu, level tertinggi sejak 30 Januari.

Pasar saham kebanggaan negara telah memperoleh kekuatan selama 11 minggu berturut-turut, dengan peningkatan sebesar 24,19% selama periode tersebut.

Data perdagangan kemarin mencatat pembelian bersih investor asing (Beli bersih) Rp 882,8 miliar, nilai transaksi Rp 22,26 triliun.


Sentimen pelaku pasar semakin membaik menanggapi pemberitaan stimulus keuangan AS dan keputusan Presiden Joko Widodo (Djokovic) untuk membuat vaksin Pemerintah-19 gratis ke publik.

Vaksin gratis disambut baik oleh para pelaku pasar karena biaya umum vaksinasi adalah nol dan dapat dialihkan untuk konsumsi lain. Konsumsi masyarakat merupakan penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu, pada perdagangan hari ini, IHSG berpeluang kembali melonjak pada Kamis (17/12/2020) melihat bursa saham mayoritas AS (Wall Street) kembali menguat, dengan indeks Nasdaq naik sepanjang waktu.

Sebagai tanda pendekatan stimulasi seni, konseling stimulus keuangan masih menjadi perhatian utama.

“Saya berharap kita bisa mencapai kesepahaman di masa depan,” kata Pemimpin Mayoritas Senat Republik Mitch McConnell setelah pertemuan Selasa malam.

Sementara itu, Pemimpin Minoritas Senat Chuck Schumer mengatakan kepemimpinannya “membuat kemajuan dan kita bisa segera mencapai kesepakatan.”

Sentimen positif juga datang dari Federal Reserve AS (Federal Reserve / The Fed) yang berkomitmen untuk melaksanakan rencana pembelian aset (Melonggarkan ukuran/ QE) Selama pasar tenaga kerja AS terus memiliki lapangan kerja penuh dan inflasi di atas 2%.

Artinya, kebijakan moneter yang sangat lemah akan dipertahankan untuk waktu yang lama.

Di dalam negeri, Bank Indonesia (BI) mengumumkan kebijakan moneter mulai pukul 14.00 WIB.

Konsensus pasar CNBC Indonesia memperkirakan suku bunga tidak akan berubah di level 3,75%. Ini adalah rekor terendah dalam sejarah.

READ  Vaksinasi massal dimulai hari ini dengan vaksin Pfizer di Inggris

Secara teknis, IHSG yang telah mencapai 6.100 menunjukkan momentum yang kuat sejak November lalu.

Awal momentum penguatan IHSG dimulai Kamis (5/11/2020) saat muncul di peringkat White Desert. Tongkat lilin Harian.

Saat itu, IHSG dibuka di 5.161,39, level harian terendah dan ditutup pada 5.260,326 dan tertinggi harian.

Kondisi Akan terbuka Sama Rendah, Dan Menutup Sama Tinggi Itulah yang disebut oker putih.

Gurun putih adalah sinyal bahwa nilai suatu aset menguat kembali. Penguatan IHSG yang terus berlanjut kemudian ditunjukkan.

Pada Senin (23/11/2020) dan Kamis (26/11/2020) IHSG kembali membentuk pola oker putih sehingga melanjutkan rally.

Grafik: IHSG Harian
Foto: Refinitiv

IHSG bergerak di atas moving average 50-hari (MA / 50-hari), MA 100-hari (MA 100-hari) dan MA 200-hari (MA 200-hari), yang akan menguat Kecepatan ditingkatkan.
Indikator acak pada grafik ada di area yang dibeli kembali. Ini berarti tekanan turun lagi.

Konsisten Indikator timah, Atau indikator yang memulai pergerakan harga. Saat mencapai medan acak Overpot (Lebih dari 80) atau Laku terjual (Di bawah 20), maka memiliki kesempatan untuk mengubah arah harga alat.

jksePeta: IHSG 1 jam
Foto: Refinitiv

Sinkronisasi setiap jam berada di dekat area tersebut Overpot, Yaitu risiko pengeditan sangat tinggi.

Resisten terdekat berada di kisaran 6.140 dan berpeluang menguat hingga 6.170 sebelum bergerak ke 6.200 jika IHSG tembus.

Sementara itu, IHSG terancam jatuh dengan support yang sangat dekat di kisaran 6.050 hingga 6.030 selama masih di bawah resistance tersebut.

Grup Riset CNBC Indonesia

[Gambas:Video CNBC]

(Pop / pop)