Desember 3, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Kisah Sahabat di belakang Gus Yahya bukanlah tentang seorang menteri agama

Jakarta, CNN Indonesia –

Presiden Joko Widodo (Djokovic) Telah menunjuk enam menteri baru, salah satunya Coumas di Ruby Soul Rabu (23/12) menggantikan Menteri Agama Fakhrul Rasi.

Usai pelantikan, terungkap ada cerita bahwa orang pertama yang dinominasikan sebagai penerus Fakhrul adalah Qadib Aam PB Nahladul Ulama (NU). Saham di Yahya Solf. Yahya juga banyak disebut sebagai menteri agama sejak awal. Namun, nama yang diumumkan oleh Djokovic ini dikenal dengan nama Koumas pada saudaranya Yakut Sol.

Yagya adalah kakak laki-laki Yakut. Mereka adalah putra almarhum M. Solil Bisri yang dikenal sebagai tokoh NU yang ikut mendirikan Partai Kesadaran Nasional (PKP).


Najib Aska, sosiolog Universitas Katja Mada (UGM), teman Yajya, bercerita tentang sikap Yahya Stock yang menolak tawaran jabatan menteri agama.

Najib memposting cerita tersebut di akun media sosial Facebook Najib Aska pada Rabu (23/12). Najib mengizinkannya CNNIndonesia.com Mengutip cerita saat dikonfirmasi.

Dalam ceritanya, Najib mengaku pada Selasa (22/12) dini hari, tepatnya pukul 01.33 WIB, dirinya menghubungi seseorang bernama Gus Yahya melalui aplikasi messaging bernama WhatsApp.

Dalam pesan yang dikirimkannya, Najib langsung menanyakan kebenaran informasi bahwa bakal ada Gus Yahya sebagai alternatif Zodiak Fazrul.

Kemarin tengah malam atau tepatnya sekitar pukul 01.33 WIB saya kirim pesan WA ke Gus: sido dadi Menag ke Gus? Tulis Najib di akunnya FacebookDia berkata.

WA terakhir aktif pada pukul 23.32. Jadi sepertinya dia tidur nyenyak ketika saya mengirim pesan. Pesan itu saya kirimkan karena tersebar luas kabar bahwa Stock adalah calon terkuat menteri agama baru di Gus Yahya Sol, menggantikan Jenderal Chandri Fakhrul Razi dari Ashe., “Dia menambahkan.

READ  Lindungi anak-anak dari pneumonia melalui tindakan pencegahan

Najib melanjutkan, pesan Gus Yahya tidak ditanggapi hingga sore hari. Usai Djokovic-Maroub memenangi pemilihan presiden 2019, ia setuju ingin mendengar kebenaran kabar tersebut, karena diketahui Gus Yahya telah menolak kesempatan menjadi menteri agama.

Seminggu sebelum pengumuman kabinet baru tahun 2019, ketika saya bertemu dengan seorang senior PTI yang dekat dengan Presiden Djokovic, dia bersikukuh bahwa dia ‘emo’ (tidak diinginkan) ketika dipaksa menjadi menteri agama., “Kata Najib.

Dia mengakui Gus Yahya sudah berubah pikiran dan mempertanyakan penerimaan Djokovic atas usulan Djokovic sebagai menteri agama.

Najib melanjutkan, saat Djokovic dan Maroof mengumumkan enam menteri baru pada Selasa (22/12), berbagai pertanyaannya akhirnya terjawab, tepatnya pukul 15:40 WIB.

Djokovic memilih Koumas atau Gus Yakut atau Gus Dutt di Yakut Soul, saudara laki-laki Yakya Stock, daripada Fakhrul Zodiac.

Saat Stock diangkat menjadi anggota Vandimpress pada 31 Mei 2018 di PPNU Khadib Aam Yahya Sol menggantikan almarhum KH Hasyim Musadi. (Antara Foto / Prow Vakum A)

Gus Yakut saat ini dikenal sebagai Ketua Umum PPGP Jawab periode 2015-2020. Selain itu, Yakut juga pernah menjadi anggota DPR yang tergabung dalam Fraksi PKP, dan menjadi Wakil Ketua Komisi II.

Menurutnya, langkah Djokovic yang akhirnya memilih Gus Yakut sebagai menteri agama mengejutkan banyak pihak. Padahal, lanjutnya, saat Djokovic mencanangkan nama Gus Yakut, masih ada stasiun televisi yang menampilkan profil Gus Yahya yang merupakan Menteri Agama.

Metro TV yang dikejutkan dengan perubahan nama tersebut tidak menampilkan foto atau kehidupan Yakut, tidak seperti menteri lain yang diumumkan dan dikenalkan sore itu. TV One juga menayangkan foto dan biodata Yahya Stockpin saat menayangkan pesan pengumuman 6 menteri baru. Dan beberapa berita TV, “Kata Najib.

READ  Dilarang keras pulang ke rumah dari 6-17 Mei 2021. Apa saja hambatan jika Anda ingin melanggarnya?

Melihat pengumuman tersebut, pertanyaan baru muncul di benak Najib. Ia segera mencoba menghubungi Gus Yahya lagi, namun ia kembali tanpa menjawab.

Beberapa menit kemudian, diakuinya, sebenarnya Gus Yahya menghubunginya.

Ups, ponsel saya hidup dan saya mendapat telepon darinya. Setelah sapaan singkat, saya langsung menanyakan sejumlah pertanyaan: Pierre Ceridon Gus? Mengapa Yakut menjadi pendeta agama? Panchenengan belum siap, bukan?Kata Najib.

Dengan corak yang khas, lanjutnya, Gus Yahya menjawab, “Kami perlu tahu cara ‘bermain’. Kita perlu tahu bagaimana mengatur untuk mencapai tujuan yang lebih besar. “

Arsip Foto: PP GP saat memimpin upacara bendera dalam rangka HUT RI ke 72.  Presiden Joko Widodo telah menunjuk Koumas sebagai menteri agama di Yakut Sol.  ANTARA FOTO / Anis Efizudin / kye / wsj.Yakut Solil Koumas, Ketua Umum PPGP. (Antara Foto / Episode Anis)

Najib yang mendengarkan klaim Gus Yahya sebagai mantan juru bicara kepresidenan di era Abdurrahman Wahid (Gus Dur) masih merupakan sosok yang akrab, tidak terpana dengan kecemerlangan jabatan dan kekuasaan.

Dalam obrolan tersebut, Najib mengaku Gus Yahya telah menerima sejumlah panggilan telepon dan pesan tak terjawab di WhatsApp sejak Selasa (22/12) pagi.

Faktanya, Najib mengatakan banyak jurnalis senior mengira dia dilantik sebagai menteri agama setelah Djokovic mengumumkan nama saudaranya, yang terpilih menggantikan Fakhrul. UGM, dosen Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, menuturkan Gus Yahya pernah mengakui bahwa nama dirinya dan adik-adiknya sempat dibingungkan dalam berbagai kesempatan.

Misalnya pada suatu kesempatan mengisi pengajian di Rembang, ia dikenalkan oleh MC: Yakut dalam Yahya Sol., “Kata Najib.

Mengenai informasi Najib, CNNIndonesia.com Tidak ada konfirmasi dari Gus Yahya, Gus Yakut atau Istana Kepresidenan.

Saham Yahya tidak menanggapi panggilan telepon dan pesan instan yang dikirim.

Rumor menyebutkan, Yahya Stock mengundurkan diri sebagai menteri.

Dalam cuitannya, intelektual muda NU Uli Absar Abdalla mengungkapkan hal tersebut.

READ  Saibul Jameel disambut dengan gembira ketika dia bebas, Teddy Corpusier: Apakah dia akan memenangkan medali emas? Halaman Semua

Padahal yang pertama ditawarkan adalah Kia Yahya. Tapi dia menolak, ”Kata Ulin di akun Twitternya.

Diketahui bahwa Gus Yahya Djokovic menjabat sebagai Presiden sejak 2014-2019. Saat itu, Gus Yahya adalah anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Vandimpress) menggantikan Hasyim Musadi yang meninggal pada 16 Maret 2017.

Adapun Vandimpress pada masa itu, Gus Yahya tidak punya nama di dalamnya. Tokoh Ulama NU yang masuk ke Vandimpress kali ini adalah M Lutfi Ali Yahya.

Sementara itu, Gus Yakut menegaskan, setelah resmi menjadi Menteri Agama, ia bisa melanjutkan jajaran Kementerian Agama di bawah kepemimpinannya dan memajukan berbagai tradisi baik yang ditinggalkan Bakrul Razi selama menjabat.

“Bagh Fakrul Zodiac sudah keluar Warisan Baiklah, tuan Mari perbaiki apa warisan Fazrul. Yang saya perhatikan, apa yang saya lihat itu luar biasa. Akan kami jaga dan jadikan lebih baik lagi, ”kata Yakut pada acara serah terima Gedung Kementerian Agama DKI Jakarta yang ditayangkan online, Rabu (23/12).

Di tempat yang sama, Fakhrul mengucapkan selamat kepada Yakut setelah Presiden Joko Widodo terpilih sebagai Menteri Agama. Ia berharap Kementerian Agama menjadi institusi yang lebih baik di masa mendatang.

Selain itu, Gus Yakut menambahkan, saat ini Pimpinan puncak Kementerian Agama hanya bertumpu pada tokoh Nahdalatul Ulama. Pasalnya, GP, pimpinan dari Karang Taruna Yakut NU. Zainat Tahit atau yang juga dikenal sebagai Ansor dan NU Person, merupakan Wakil Presiden MUI Pusat periode 2015-2020.

(mts / anak)

[Gambas:Video CNN]