Mei 30, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Membuka dan menutup radiator mobil saat mesin panas berbahaya

Membuka dan menutup radiator mobil saat mesin panas berbahaya

Jakarta, KOMPAS.com – seperti saat melakukan perjalanan jarak jauh LebaranPengguna mobil menghadapi banyak masalah seperti mesin Panas tinggi. Jika situasi ini terjadi, tindakan yang tepat harus diambil.

Salah satu kesalahan fatal yang bisa dilakukan pengguna adalah langsung membukanya Tutup radiator mesin. Perilaku ini tidak disarankan karena berbahaya bagi tubuh dan mobil.

Jika tutup radiator langsung dibuka saat mesin dalam posisi Panas tinggicairan Pendingin Di tempat penampungan masih sangat panas, dan cipratan ke tubuh bahkan dapat menyebabkan cedera serius.

Noel Al-Huda, mekanik senior Mitsubishi Lord Bendawa Motors, menjelaskan suhu cairan pendingin yang masih panas bisa mencapai lebih dari 150 derajat Celcius, lebih tinggi dari titik didih air normal yang mencapai 100 derajat Celcius.

Baca Juga: Begini Cara Menata Barang Bawaan Saat Retret dengan Benar

carfromjapan.com Lampu indikator suhu radiator pada mobil

Nowell mengatakan, dampak pancaran cairan pendingin panas juga ia pelajari dari pengalaman salah satu rekannya yang kurang jeli.

“Kulitnya terkelupas mulai dari jari telunjuk kanan hingga siku. Masalahnya adalah suhu Pendingin “Panas sekali sehingga tidak menimbulkan lecet jika terkena kulit,” ujarnya saat dihubungi. Kompas.comSabtu (13/4/2024).

Ia mengibaratkan mesin kalor dengan pressure cooker karena selain suhunya yang tinggi, tekanannya juga sangat besar. Hal ini menyebabkan tutup radiator meledak.

Baca Juga: 1.848 Kecelakaan Lalu Lintas Terjadi Selama Mudik 2024

Dorong dengan ibu jari Anda untuk memeriksa katup bertekanan tinggi dan cungkil katup vakum dari wadahnya dengan kuku Anda untuk memastikan tidak macet!Kompas.com/Erwin Setiawan Dorong dengan ibu jari Anda untuk memeriksa katup bertekanan tinggi dan cungkil katup vakum dari wadahnya dengan kuku Anda untuk memastikan tidak macet!

Nowell mengatakan, ada pendekatan yang tepat untuk dilakukan ketika hal ini terjadi Panas tinggi Pertama menepi, matikan mobil dan buka kap mesin. Tunggu hingga mesin dingin sekitar 20 menit, lalu buka tutup radiator.

READ  Bandara Halim dibuka kembali pada 1 September, dengan CityLink terbang ke 4 kota

“Tunggu mesin memanas, ini akan memastikan tekanannya stabil. Kalau radiatornya ditutup Berdebu Pasalnya, tekanannya sangat tinggi sehingga perlu dibiarkan terlebih dahulu. “Setelah dingin, buka perlahan,” ujarnya.


Mendengarkan berita penting Dan Berita khusus Kami ada di telepon Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses pesan saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.