Juni 20, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Motor gigi depan goyang

Mengayunkan persneling di depan motor menjadi salah satu penyebab kebiasaan tersebut

Deskripsi gigi depan untuk motor goyang. Foto: Ist / Net

Mengguncang motor roda gigi depan dapat terjadi karena beberapa kemungkinan. Untuk itu, gigi depan perlu mendapat perhatian khusus dan perawatan rutin.

Ini akan menjaga gigi depan Anda dalam kondisi dan performa yang baik. Roda gigi depan atau roda depan berfungsi sebagai penggerak rantai untuk roda gigi belakang dan roda belakang.

Ukuran roda gigi depan biasanya lebih kecil dari roda gigi belakang. Dengan ruang tersembunyi dan penutup roda gigi tertutup, roda gigi akan sering luput dari perhatian dan perhatian pemilik motor.

Penggunaan jangka panjang dan pelumasan rantai dapat menyebabkan roda gigi bergoyang dan aus sebelum tidak ternoda.

Baca Juga : Gear Belakang Motor, Jangan Sembarangan Mengganti Ukurannya

Akibatnya, jika gigi depan aus atau goyang dan Anda tidak segera menggantinya, rantai motor akan lepas. Mengganti komponen pada kendaraan bermotor itu penting. Ini akan membuat kinerja komponen bekerja dengan baik.

Penyebab persneling depan sepeda motor kerap luput dari perhatian pengendara

Posisi tertutup gigi depan sulit untuk diperiksa. Pasalnya gigi depan goyang biasanya terjebak oleh kotoran yang berlebihan. Sehingga kotoran yang menumpuk dalam waktu lama akan membuat komponen tersebut tidak berfungsi dengan baik.

Roda gigi depan merupakan sekumpulan roda gigi belakang dan rantai yang saling terhubung satu sama lain. Seperangkat tiga komponen ini bekerja seperti penggerak roda belakang. Jika salah satu komponen ini rusak, motor tidak akan bekerja.

Lamanya penggunaan bukan satu-satunya alasan guncangan gigi depan motor. Tapi Anda bisa melihat alasan lain dari suara yang berasal dari roda gigi.

Baca Juga : Komponen Roda Belakang Sepeda Motor, Kenali Bagian dan Fungsinya

Saat roda gigi berbunyi keras, segera ambil tindakan sebelum terjadi masalah yang sangat serius. Berikut beberapa kebiasaan memindahkan gigi depan motor:

READ  Asap menciptakan gambar hari kiamat

Tiba-tiba melakukan pengereman dan langsung menginjak gas

Seringkali menyebabkan pengereman mendadak yang sangat mempengaruhi posisi gigi depan sepeda motor. Kebiasaan seperti itu sering terjadi di jalan yang sangat dekat dengan gundukan kecepatan. Setelah itu, dia langsung melesat lagi.

Kebiasaan inilah yang menjadi salah satu penyebab gigi depan pada sebuah sepeda motor. Jika gigi depan bergetar, maka akan keluar dengan cepat. Oleh karena itu perlu dilakukan pergantian gigi agar tidak mengganggu performa kendaraan.

Aplikasinya sangat kasar

Penggunaan sepeda motor yang sembrono dapat menyebabkan kerusakan pada banyak bagian motor. Masalah pada gigi depan biasanya dapat dideteksi dengan suara Cretaceous-Cretec. Ini mungkin karena rantai yang longgar menimbulkan suara yang tidak nyaman saat mengemudi.

Baca Juga : Cara Menyetel Rantai Keteng yang Kendur pada Sepeda Motor

Jika melihat kejadian seperti ini, sebaiknya segera berhenti dan periksa kendaraan Anda. Karena jika memaksakan diri untuk mengendarai sepeda motor, hal buruk bisa saja terjadi. Pasalnya, rantai yang lepas pada akhirnya akan putus dan memutari roda.

Jarang memberi minyak pelumas

Alasan goyangan motor gigi depan pada akhirnya adalah kebisingan, yang disebabkan oleh kurangnya pelumasan. Pelumasan juga harus fokus pada waktu terbaik. Pertama, periksa apakah persnelingnya kering.

Suku cadang gigi kotor

Pelumasan roda gigi harus dilakukan dengan membersihkan bagian itu. Ini karena tongkat akan mengganggu kinerja motor yang menumpuk. Selain itu, debu akan mengguncang gigi dan menimbulkan kebisingan.

Kebisingan disebabkan oleh tumpukan debu yang tinggi akibat gesekan antara roda gigi dan rantai. Jika Anda membiarkannya, set roda gigi kemungkinan besar akan rusak. Jika ada masalah sebesar itu, satu-satunya cara adalah mengganti persneling ke yang baru.

READ  Ibarat komet, Merkurius ternyata memiliki komet

Sering terendam air hujan

Banjir sering kali merendam kendaraan Anda. Merusak komponen motor secara tidak langsung. Jika kotoran banjir yang tersisa tidak segera dibersihkan akan menimbulkan karat. Saat pelumas bercampur dengan oli dan kotoran, roda gigi akan menjadi kotor dan kering.

Anda harus segera membersihkan dan melumasi roda gigi dan rantai. Ini merawat komponen motor dan mencegah gigi depan motor bergetar karena kotoran yang menumpuk. (R10 / HR-Online)

Penulis: Adi Corianto