Maret 8, 2021

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Mengenal mesin diesel lebih dekat adalah sisi positif dari semuanya

Jakarta, Kompas.com – Berbicara tentang mesin kendaraan, konsumen kendaraan akan langsung fokus pada dua pilihan, yaitu Mobil Dengan Mesin Diesel Atau mesin bensin.

Dalam pembahasan Autopedia, kali ini tim redaksi Kompas otomatis Diskusikan mesin diesel di mobil.

Sebagaimana diketahui, mesin diesel di Indonesia memang tidak sepopuler mesin bensin, namun kondisi ini tidak berlaku di Eropa.

Asosiasi Produsen dan Pedagang Motor Inggris menunjukkan bahwa 50 persen mobil baru yang dijual di UE bermesin diesel, bahkan saat populasinya mulai terkendali, mencapai 70 persen bahkan di Prancis.

Baca juga: Mengisi Ban Dengan Udara Dengan Menyalakan Api, Amankah?

Puntardo mengutip “layanan cerdas” dalam bukunya Mesin Diesel“Mesin jenis ini sudah ada sejak Rudolf Diesel pertama kali ditemukan pada tahun 1893, dan patennya baru dirilis pada tanggal 23 Februari 1983.

Namun, baru pada tahun 1930-an mesin tersebut digunakan untuk mobil penumpang setelah diselesaikan pada tahun 1900 oleh Charles F. Kettering.

Meski sama-sama memiliki sistem pembakaran dengan mesin bensin, namun diesel memiliki proses yang berbeda. Busi tidak diperlukan untuk meledakkan bahan bakar, tetapi karena gas bersuhu tinggi dikompresi oleh piston yang dicincang.

teknik-otomotif.com Bagaimana mesin diesel bekerja

“Untuk menghasilkan pembakaran pada mesin diesel, hanya diperlukan campuran solar dan udara tekan. Akibat kompresi yang tinggi ini, proses pembakaran pada mesin diesel terjadi,” kata Yosparzo kepada Superman Compass.com, Kepala bengkel Auto Jakarta Utara 2000. .

Dikarenakan mesin diesel dengan kompresi tinggi ini memiliki getaran yang lebih tinggi dan suara yang lebih keras dibandingkan mesin bensin.

Namun, perkiraan kebisingan mesin diesel dapat dikurangi secara perlahan dengan teknologi common rail yang biasa ditemukan pada mesin diesel modern.

READ  Permintaan terakhir Maradona: Mayat itu disematkan

Karena teknologinya yang unik, mesin diesel juga mendapat perhatian khusus, dimana penting untuk fokus pada pompa injeksi, injektor dan filter (udara dan bahan bakar). Ketiganya harus dibersihkan dan diganti secara teratur tepat waktu.

Mitsubishi Bay merupakan salah satu alternatif mobil diesel bekas.Dermaga. Panel otomatis Mitsubishi Bay merupakan salah satu alternatif mobil diesel bekas.

Meningkatkan kinerja

Sebagian orang tidak menyangka mobil bermesin diesel dianggap kurang bertenaga dan akselerasinya tidak secepat kendaraan bermesin bensin. Tapi itu dulu, dan kini pabrikan telah melakukan pembenahan dengan menggunakan teknologi turbocharger.

Jika Anda belum puas dengan kinerjanya, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kekuatannya.

Baca juga: Simpan Rp 2 Juta Mau beli motor bekas, ini opsional

1. Ukur pompa injektor. Semakin akurat injektor bahan bakar maka semakin sempurna proses pembakarannya. Namun, seiring waktu, performa akan menurun, jadi mungkin perlu dipertimbangkan kembali.

2. Atur ulang kepadatan waktu injeksi. Tujuannya untuk memberikan suplai bahan bakar yang optimal ke ruang injeksi dengan cara meningkatkan waktu injeksi. Cara ini bisa efektif dalam mengurangi terjadinya misalignment. Setel hanya untuk mengencangkan katup.

3. Setel turbo, turbin dan intercooler. Jika mobil dipasangi teknologi ini, reset juga harus dilakukan untuk menambah jumlah udara dingin yang masuk ke ruang bakar.

4. Bersihkan atau ganti filter udara.

5. Tambahkan elemen max atau pickpocket. Namun, jika ingin menambah alat ini, perlu berkonsultasi dengan bengkel resmi atau spesialis.