Agustus 11, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Mitos atau fakta, apakah berkendara tanpa AC bisa lebih hemat bahan bakar?

Jakarta, KOMPAS.com – Mematikan AC pendingin (AC), adalah salah satu cara yang paling dipercaya untuk menghemat uang Bahan bakar Mobil saat ini Pilih.

Namun, masih banyak pertanyaan tentang kebenaran dan ada pro dan kontra. Banyak orang berpikir ini adalah mitos karena mengemudi yang efisien tergantung pada banyak faktor.

Menanggapi hal tersebut, pemilik Nissan & Datsun Specialist Auto Headquarters Anom Budi Prasetio mengatakan bahwa mematikan AC dapat menghemat konsumsi bahan bakar dalam situasi tertentu.

Baca selengkapnya: Ketahui penyebab AC mobil tidak dingin di siang hari

Kompas.com/Fathan Radityasani Deskripsi AC Mobil

“AC bisa dimatikan sehingga konsumsi bahan bakar lebih hemat, dengan menjalankan kompresor AC yang mengurangi putaran mesin,” kata Anom. KOMPAS.comSelasa (26/7/2022).

“Jika seluruh tenaga mesin digunakan hanya untuk membawa beban kendaraan, tanpa kompresor yang berat tentunya konsumsi bahan bakar akan lebih irit,” lanjutnya.

Baca selengkapnya: Apakah freon AC mobil harus diganti secara berkala?

Test drive all new Xenia 1.500 cc ASA CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test drive all new Xenia 1.500 cc ASA CVT

Namun, kata Anom, hal itu hanya berlaku jika kendaraan berada di dalam kota yang tidak membutuhkan kecepatan tinggi.

Menurutnya, secara umum cara ini bisa digunakan di kota-kota seperti kota dengan kualitas, udara bersih, polusi minimal, kawasan hutan atau desa.

“Tapi kalau digunakan di pintu tol, mematikan AC tidak akan berguna karena kendaraan tidak bisa benar-benar bergerak bebas karena Aerodinamika Kendaraan diperlambat dengan membuka jendela mobil,” kata Anom.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa konsumsi bahan bakar rata-rata lebih rendah daripada mobil cepat dengan jendela tertutup karena aerodinamis kendaraan menentukan seberapa efisien kendaraan bergerak.

READ  Kandidat MPV baru Toyota akan dirilis bulan depan

Baca selengkapnya: Saat menyalakan AC mobil terdengar suara bising, apakah ini normal atau tidak?

Test Drive Hyundai CretaKompas.com/Adityo Test Drive Hyundai Creta

Jadi, dalam upaya menghemat konsumsi bahan bakar, kriteria menggunakan AC atau tidak, tetapi bagaimana pengemudi dapat menemukan celah dalam meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Dapatkan pembaruan berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Gabung grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.